Sukses

Parenting

Metode Belajar Membosankan Bisa Menghilangkan Motivasi Belajar Anak

Fimela.com, Jakarta Mendapati anak kehilangan motivasi belajar seringkali membuat orang tua emosi. Namun Mom, jangan salahkan anak terlebih dulu ketika mendapati ia malas belajar. Ada banyak hal yang menyebabkan anak kehilangan motivasi belajarnya. Salah satu penyebab tersebut adalah metode dan suasana belajar yang membosankan.

Setelah hampir dua tahun anak belajar di rumah dan kini kembali ke sekolah, ini membuat anak harus beradaptasi ulang dengan suasana kelas di sekolah. Anak juga harus beradaptasi lagi dengan orang-orang baru di sekitarnya termasuk teman dan guru–gurunya. Anak bahkan harus menyesuaikan diri lagi dengan metode belajar yang ada.

Anak Malas Karena Metode Belajar Kurang Menyenangkan

Melansir dari laman liputan6.com, psikolog Jovita Maria Ferlina mengatakan "Hilangnya motivasi belajar pada anak dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti karena bosan, terlalu banyak tugas, rendahnya kemampuan memahami materi, metode belajar kurang menyenangkan, dan kurangnya interaksi.”

Masing-masing anak memiliki gaya sendiri untuk belajar. Ada anak yang gaya belajarnya secara visual atau melihat, auditori atau mendengarkan, menulis dan membaca, ada pula kinestetik atau mempraktekkan langsung apa yang dipelajari. Ketika guru atau orangtua memaksa anak untuk belajar sesuai kemampuan guru dan orangtua, ini tentunya akan membuat anak merasa bosan. 

Penting bagi guru dan orangtua untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak agar ia mampu menyerao informasi serta pelajaran yang ada dengan baik. Ajari anak dengan cara yang bervariasi dan sesuai dengan gaya belajar anak.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading