Sukses

Parenting

Bayi Sakit Batuk Pilek, Begini Cara Alami Mengobatinya

Fimela.com, Jakarta Saat pandemi seperti sekarang ini batuk dan pilek menjadi penyakit yang sangat mengkhawatirkan. Apalagi jika penyakit ini menyerang buah hati kita yang masih bayi. Pada dasarnya cuaca yang kurang bersahabat bisa meningkatkan risiko batuk pilek pada bayi. Selain cuaca batuk pilek pada bayi juga disebabkan oleh alergi, iritasi bahkan polusi. 

Ketika mendapati bayi Mom batuk pilek, jangan langsung khawatir dan panik apalagi menghubungkannya dengan virus covid 19. Cari tahu lagi apa yang menjadi penyebab batuk pilek pada bayi. Sebelum membawa bayi berobat ke dokter, cobalah untuk meringankan dan menyembuhkan batuk pilek bayi dengan cara alami di rumah. 

Manfaatkan Minyak Telon dan Bawang Merah Sebagai Obat Batuk

Mom bisa memanfaatkan minyak telon dan bawang merah untuk meredakan batuk pilek pada bayi. Iris tipis bawang merah kemudian campur dengan minyak telon. Usapkan ke punggung, perut, ubun-ubun, leher dan atas telinga bayi. Campuran minyak telon dan bawang merah akan membuat tubuh bayi lebih hangat dan melegakan saluran nafas bayi yang tersumbat pilek.

Pastikan Bayi Banyak Istirahat dan Perbanyak Asupan ASI

Saat bayi mengalami batuk pilek, pastikan agar bayi memiliki istirahat cukup. Pastikan juga kecukupan ASI terpenuhi dengan baik. ASI yang diberikan secara langsung bisa membuat bayi lebih cepat sembuh dibandingkan dengan ASI yang telah diperah dan diberikan melalui botol susu. 

Selama batuk dan pilek, usahakan agar posisi tidur bayi juga lebih nyaman. Posisikan kepala bayi lebih tinggi dari badannya dengan memanfaatkan bantal tambahan. Pastikan agar tempat tidur bayi bersih dan bebas debu agar batuk pilek yang diderita tidak semakin parah. 

Cukupi juga nutrisi bayi dengan baik. Untuk bayi yang sudah MPASI, berikan asupan sayur dan sup ayam cukup setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading