Sukses

Parenting

3 Hal yang Wajib Diberikan kepada Anak agar Cerdas dan Mandiri

Fimela.com, Jakarta Seluruh orangtua sangat menginginkan anak yang hebat. Hal tersebut dikarenakan terdapat nilai – nilai yang dituntut untuk ada dalam diri sang anak. Nilai-nilai tersebut terus berubah seiring perubahan zaman. Kemandirian, kecerdasan, ketangkasan, critical thinking dan apresiasi adalah nilai yang dituntut saat ini.

Namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa dibangun secara instan. Butuh proses serta perjuangan untuk dapat membangun karakter tersebut dalam diri anak. Maka dari itulah, sahabat fimela harus tahu kesempatan apa saja yang harus diberikan dalam mendidik anak.

Mengurus Diri

Sahabat fimela sesekali harus memberikan kesempatan pada anak untuk mengurus dirinya sendiri. Bukan berarti tidak peduli, ya. Pada kesempatan ini kamu akan membangun rasa tanggungjawab dan kepemimpinan dalam dirinya. Kegiatannya pun dimulai dari hal-hal yang sederhana saja seperti memilih pakaian dan mengenakannya, mengambil minum dan makan serta membereskan mainannya.

Memberikan Pendapat

Mulailah mengajak untuk mendiskusikan hal-hal yang sederhana untuk keputusan bersama. Biarkan anak mengembangkan pendapatnya sendiri walau terkadang sedikit berbeda dengan pendapatmu. Diskusikan hal-hal seperti menu makan malam, destinasi di hari libur, buku mana yang ingin dibaca atau gaya rambut hari ini.

Menanyakan Banyak Hal

Berikan anak kesempatan untuk bertanya. Hal ini sangat bermanfaat dalam mengembangkan rasa ingin tahu serta jiwa eksplorasinya. Sahabat Fimela dapat memberikan jawaban yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh anak. Dengan bertanya anak juga dapat mengembangkan pola pikirnya menjadi lebih kritis, lho.

Ditulis Oleh : Pinastika Fatimah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading