Sukses

Parenting

Cara Efektif Mengajari Anak Membaca dan Menulis

Fimela.com, Jakarta Kita sebagai orang tua tentunya ingin agar anak kita dapat berkembang sesuai usianya. Membaca dan menulis merupakan hal dasar dan tanda bahwa anak kita sudah mulai berkembang. Anda perlu mengetahui karakteristik anak sebelum mengajarinya membaca dan menulis. Selain manfaat yang dirasakan anak, membaca juga dapat menjadi aktivitas antara orang tua dan anak. Lewat membaca, kedekatan antara orang tua dan anak pun dapat terbangun.

Cari tau dulu kebiasaan anak seperti apakah Anak Anda termasuk kedalam golongan anak yang aktif atau tidak. Kuncinya adalah membuat kegiatan membaca dan menulis adalah hal yang sangat menyenangkan tanga paksaan. Disiplin juga menjadi faktor pendorong agar anak dapat menyukai membaca dan juga menulis.

1. Kenali huruf pada anak dengan cara yang menyenangkan

Jika anak belum mengenal huru atau baru mau menggenal huruf, ajari anak dengan cara yang menyenangkan. Buatlah anak mengenal huruf dari A-Z. Caranya buat huruf A sambil ajari anak cara memegang pensil yang baik dan benar lalu bantu anak untuk membuat huruf tersebut lalu suruh anak mengucapkan huruf tersebut. 

Dalam mengajari anak menulis, terkadang membutuhkan alat tambahan. Pasti semua juga sudah mengetahui jika dunia anak kecil sangat lekat sekali dengan peralatan yang punya variasi warna. Begitu juga ketika akan mulai memberikan pembelajaran tentang menulis. Sebisa mungkin sediakan alat peraga yang punya variasi warna cerah dan menarik perhatiannya. Dari alat tulis, kemudian juga contoh alphabet. Semuanya harus punya warna-warna lucu agar anak bisa fokus dan tertarik untuk mengetahuinya lebih jauh. Jika sudah mulai bosan, maka harus diganti dengan perlengkapan baru yang tak kalah menariknya. Lakukan sampai sekiranya anak sudah hafal alphabet. 

2. Libatkan anak dalam keadaan apapun

Cara ini juga dapat menjadi cara yang efektif untuk mengajari anak membaca dan menulis. Misalnya dengan membuat daftar belanjaan dan pada saat di mini market tersebut suruh anak untuk membacakan daftar belanja tersebut dan bantu anak untuk mengucapkan kalimat yang benar jika pengucapan anak kurang tepat.

Anak juga bisa dilibatkan untuk menjelaskan perasaannya kepada orangtua mereka, dengan tulisan juga mereka bisa sekaligus belajar untuk bersimpati kepada sekitarnya. Misalnya saja memberikan pesan kepada kaka atau ibu semoga lekas sembuh dikala masa sakitnya.

3. Gunakan metode menulis dengan menebalkan

Cobalah metode berikut menulis dengan menebalkan karena hal ini dapat membantu anak untuk megingat bagaimana bentuk dari huruf dan tulisan tersebut. Hal ini juga dapat membantu anak membedakan mana huruf kapital dan juga huru kecil. Metode ini dapat dilakukan orangtua secara manual ataupun membeli buku menebalkan yang sudah jadi.

Orangtua dapat menuliskan hurufnya satu persatu dengan bentuk dari garis putus-putus, kemudian suruh anak anda untuk menghubungkan garis putus-putus tersebut dan bantu anak untuk mengucapkan kalimat tersebut dengan benar. Dengan begitu anak pelan-pelan mengetahui dan menyerap nama-nama dari huruf alphabet yang dituliskan.

 

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading