Sukses

Parenting

Tips Mudah Menstimulasi Bayi 3 Bulan Agar Tumbuh Cerdas

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak bahagai ketika memiliki buah hati cerdas dan mengesankan. Setiap orangtua pasti akan sangat bahagia ketika mendapati buah hatinya cerdas serta tumbuh dan berkembang dengan baik dari hari ke hari. 

Melansir dari laman parents.com, untuk memiliki buah hati cerdas, sebagai orangtua penting bagi kita untuk menstimulasi kecerdasan anak sejak usianya sedini mungkin. Sejak bayi baru lahir, usia 3 bulan dan seterusnya, kita harus rajin-rajin mengajak anak mengasah kecerdasannya. 

Bagaimana Menstimulasi Anak Sejak Usia 3 Bulan?

Usia balita adalah usia emas bagi anak untuk mengasah kecerdasannya. Bahkan saat anak masih berusia 3 bulan, penting bagi orangtua untuk menstimulus kecerdasan anak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menstimulus kecerdasan di usia 3 bulan ini. 

1. Bonding Time

Penting bagi orangtua melakukan bonding time atau menghabiskan waktu bersama anak sejak usianya sedini mungkin. Semakin sering orangtua melakukan bonding time dengan anak, anak akan semakin tumbuh dan berkembang dengan baik. Ia juga akan menjadi anak yang penuh percaya diri suatu saat nanti. Semakin baik bonding time yang dimiliki anak, akan semakin baik perkembangan kecerdasannya. Ini juga akan menguatkan ikatakan emosinal anak dengan orangtuanya. 

2. Sering Ajak Bicara

Sering-seringlah mengajak anak bicara dan bercerita berbagai hal. Mengajak anak berbicara akan membuatnya semakin lancar dalam berkomunikasi. Anak yang sering diajak bicara juga akan belajar banyak hal dari Mom. Penelitian menemukan jika anak yang sering diajak bicara sejak usianya sedini mungkin atau kurang dari 3 bulan, ia memiliki IQ yang lebih baik dari teman-teman lainnya.

3. Kenalkan dengan Lingkungan Sekitar

Mengenalkan anak dengan lingkungan sekitar sejak usianya 3 bulan juga bisa dilakukan untuk menstimulus kecerdasan anak. Anak yang mengenal lingkungannya dengan baik akan memiliki kemampuan bahasa yang baik. Anak yang mengenal orang-orang di sekitarnya juga akan menjadi pribadi yang lebih pemberani nantinya. Anak yang dikenalkan dengan lingkungan sekitar akan memiliki kemampuan kognitif, emosional dan sosial yang lebih baik. 

4. Berikan Mainan Sesuai Usianya

Berikan mainan sesuai usia anak. Mainan yang menarik akan membuat anak tumbuh dan berkembang dengan cerdas. Anak yang sering diajak bermain juga akan memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menstimulus kecerdasan anak usia 3 bulan. Selain cara di atas, penting juga untuk memberikan asupan gizi serta nutrisi seimbang setiap harinya ke anak. Pastikan anak memiliki waktu tidur cukup, perdengarkan musik dan jaga kebersihan dirinya serta lingkungannya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading