Sukses

Parenting

Rekomendasi Kegiatan Menyenangkan yang Memberikan Stimulasi pada Bayi Usia 6 Bulan

Fimela.com, Jakarta Pada tahap anak memasuki usia 6 bulan, orang tua mungkin sudah berkomunikasi dengan sang bayi, yang membuatnya semakin menyenangkan. Untuk meningkatkan perkembangan mereka lebih lanjut, berinteraksilah dengan sang bayi secara teratur. 

Bayi usia 6 bulan mungkin akan tertarik dengan segala sesuatu di sekitarnya. Mereka mungkin menemukan setiap hal kecil menarik dan mungkin belajar sesuatu yang baru setiap hari. Apa yang dilakukan bayi berusia 6 bulan? Pada usia 6 bulan, bayi Anda mengembangkan keterampilan motorik dan mungkin dapat melakukan beberapa aktivitas seperti berguling di tempat, atau duduk tanpa penyangga

Pada usia 6 bulan, bayi akan belajar dan terlibat dalam banyak hal baru. Pengalaman dapat sangat mempengaruhi perkembangan otak anak, dan bayi sangat rentan terhadap pengaruh negatif yang konsisten pada usia ini. Di sisi lain, pengalaman positif di usia dini ini memiliki efek besar pada peluang keberhasilan, kebahagiaan, dan pencapaian anak dalam hidup.

Memperkenalkan bayi ke lingkungan yang membangun otaknya disebut stimulasi, hal tersebut bisa dilakukan dengan banyak hal dan kegiatan sederhana. Berikut beberapa rangkuman kegiatan mengasyikkan yang bisa bantu mengembangkan otak bayi usia 6 bulan agar bayi cerdas, simak sebagai berikut.

Bernyanyi

Orang tua telah menyanyikan lagu pengantar tidur untuk bayi mereka selama berabad-abad. Anda dapat memperkenalkan bayi ke dunia musik yang menenangkan dengan bernyanyi untuk mereka. Anda bisa berkreasi, mengarang lagu dan menyanyikannya untuk anak Anda.

Anda dapat menyanyikan lagu-lagu selama waktu mandi atau aktivitas lainnya. Bernyanyi cepat dan lambat, dengan berbagai nada, serta coba berbagai suara lucu untuk mengajarkan berbagai macam bunyi bayi. Bernyanyi memperkenalkan bayi pada suara dan cara membedakannya.

Bertepuk tangan

Merupakan aktivitas lain yang akan dinikmati bayi berusia 6 bulan. Ajarkan anak untuk bertepuk tangan dan bertepuk tanganlah bersama mereka. Tepuk tangan menghasilkan suara, sehingga memberi mereka kegembiraan yang luar biasa. Anda dapat memegang tangan bayi Anda sendiri dan dengan lembut membuat gerakan tepukan untuknya.

Anda juga dapat memberi contoh kepada anak anda. Anda dapat membuat tepuk tangan lebih menarik dan menyenangkan dengan menggunakan nada lagu. Bertepuk tangan dapat membantu bayi yang berusia 6 bulan belajar meniru dan tentang berbagai suara

Membaca

Saat bayi Anda berusia 6 bulan, Anda mungkin sudah bisa membacakan untuk mereka. Cobalah buku yang memiliki banyak gambar. Pastikan untuk membaca perlahan dan tambahkan emosi dan gerak tubuh saat membaca. Dorong anak Anda untuk bertindak terkejut atau tertawa agar aktivitasnya lebih interaktif.

Pilih buku yang berwarna-warni, pendek, dan banyak gambarnya. Karena bayi pada usia ini mungkin mengunyah buku, pilih yang tebal (seperti buku papan / kain) yang dirancang khusus untuk mereka. Membaca membantu mengembangkan keterampilan mendengarkan dan bahasa bayi berusia 6 bulan. Ini juga membantu dalam pengembangan sentuhan dan penglihatan.

Main Kapal Terbang

Membuat bayi Anda seolah-olah terbang adalah kegiatan yang bagus untuk anak usia 6 bulan. Letakkan bayi di pangkuan Anda dengan perut menghadap ke bawah. Pegang mereka dengan kedua tangan. Dukung bagian tengah tubuhnya dengan hati-hati, angkat bayi Anda ke atas dan ke bawah dengan lembut, maju dan mundur. Bayi Anda akan tertawa terbahak-bahak dan menikmati kejutan saat meluncur ke berbagai arah. Terbang seperti ini membantu merangsang dan memperkuat tubuh bayi Anda yang berusia 6 bulan.

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading