Sukses

Parenting

Anak dengan Autisme Lebih Rentan Terhadap Risiko Alergi, Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Autisme merupakan kelainan perkembangan saraf yang membuat seorang anak mengalami gangguan perilaku dan interaksi sosial. Penelitian menemukan jika autisme lebih rentan dialami oleh anak laki-laki dibandingkan anak perempuan. 

Mengenai autisme, kondisi ini bisa mengalami tingkat keparahan yang berbeda-beda antara penderita satu dengan lainnya. Umumnya, autisme bisa diketahui gejalanya sejak seseorang masih anak-anak. Namun, tidak sedikit kasus autisme diteketahui gejalanya saat seseorang telah menginjak dewasa. 

Selain memiliki sikap dan tingkah laku yang cukup berbeda dari anak-anak normal lainnya, penyandang autisme juga cenderung memiliki kondisi medis tertentu. Melansir dari laman healthline.com, peneliti menemukan jika anak autisme lebih rentan mengalami beberapa penyakit tertentu salah satunya alergi. 

Alergi Pada Anak Autisme

Para ahli menemukan jika anak autisme lebih rentan mengalami alergi. Alergi yang ditemukan pada penyandang autisme sendiri beragam mulai dari alergi makanan, alergi udara, alergi pernapasan dan alergi kulit. 

Dalam beberapa kasus, anak dengan kondisi alergi lebih sensitif terhadap jenis makanan tertentu seperti produk olahan gandum dan susu. Beberapa penderita lain ditemukan alergi terhadap kacang-kacangan dan makanan mengandung glukosa. 

Apakah Semua Anak Autisme Mengalami Alergi?

Penelitian yang dilakukan para ahli di Amerika Serikat menemukan jika tidak semua anak dengan kondisi autisme mengalami alergi. Penelitian menemukan jika risiko alergi ditemukan pada 11 persen anak dengan kondisi autisme. Sedangkan pada anak tanpa kondisi autisme, risiko alergi hanya terjadi pada 4 persen anak. 

Beberapa anak autisme memang rentan terhadap alergi. Tapi para peneliti tidak menemukan korelasi hubungan pada keduanya. Meski anak autisme ditemukan lebih rentan terhadap alergi, faktanya ada beberapa anak dengan kondisi autisme memiliki kesehatan normal seperti anak-anak pada umumnya dan tidak memiliki riwayat alergi. 

Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading