Sukses

Parenting

5 Makanan Bayi 8 Bulan untuk Kecerdasan Otak , Nutrisi Wajib dalam MPASI

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya sehat dan cerdas. Para ahli pun merekomendasikan untuk orangtua memilih jenis makanan bergizi yang bisa mendukung pertumbuhan otak si kecil.

Apalagi jika si kecil sudah memasuki usia 8 bulan, di mana dia sudah bisa mengambil sendiri makanan di hadapannya dan memasukkannya ke dalam mulut.

Untuk mendukung kemampuannya itu, Sahabat Fimela perlu mensiasati dengan menyajikan makanan bayi 8 bulan yang bisa membantu mengoptimalkan kecerdasan otaknya.

Nah, berikut ini Fimela rangkum daftar makanan bayi 8 bulan yang bisa dikonsumsi si kecil agar tumbuh sehat dan cerdas. Simak yuk!

 

1. Salmon

Salmon mengandung DHA, asam lemak omega 3 yang bisa mendukung pertumbuhan otak si kecil. Bahkan, jumlah omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon lebih tinggi dibanding Tuna.

Oleh karena itu, salmon tidak boleh absen dari menu MPASI kamu. Sahabat Fimela bisa mengolah kembali ikan salmon ke dalam bentuk lain agar si kecil tertarik mengonsumsinya ya.

2. Telur

Selain mudah didapatkan, telur kaya akan manfaat untuk perkembangan otak bayi 8 bulan sehingga tak boleh dilewatkan.

Telur dikenal sebagai sumber protein yang baik. Selain itu, kuning telur juga mengandung kolin yang membantu perkembangan memori. Kolin membantu menghasilkan asetilkolin, yaitu semacam zat yang bisa merangsang kerja sel memori dalam otak. Serta mengandung asam lemak omega 3, seng, dan lutein.

3. Oatmeal

Salah satu jenis sereal yang bisa Sahabat Fimela berikan untuk si kecil adalah oat. Melansir dari WebMd, konsultan di St Petersburg, Sarah Krieger, MPH, RD mengungkapkan bahwa oat memberikan energi atau bahan bakar yang sangat baik yang dibutuhkan oleh otak.

Sebab, oat mengandung banyak serat seperti vitamin E, vitamin B, dan seng yang baik untuk perkembangan fungsi otak.

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan gizi, seperti lemak, vitamin dan mineral. Buah satu ini tidak hanya berkontribusi sebagai lemak sehat untuk kebutuhan tubuh, tetapi juga akan membantu dalam perkembangan sel otak.

Apalagi dengan tekstur alpukat yang lembut, memudahkan si kecil dalam memakannya.

5. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran seperti tomat, ubi jalar, wortel, bayam, dan lain sebagainya merupakan sumber antioksidan terbaik yang menjaga sel-sel  otak tetap kuat dan sehat.

Namun, tak dapat dipungkiri memperkenalkan si kecil dengan sayuran bukanlah perkara yang mudah. Sahabat Fimela perlu strategi lain untuk memperkenalkan si kecil dengan sayuran, misalnya dengan mencampurkan bahan makanan jenis lain.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading