Sukses

Parenting

Rekomendasi Permainan Kreatif untuk Anak Usia 4 sampai 5 Tahun

Fimela.com, Jakarta Usia 4 sampai 5 tahun merupakan waktu yang sulit bagi anak, karena anak mulai akan menghadapi sekolah, dengan tingkat energi yang lebih banyak, serta membutuhkan lebih banyak stimulasi.

 

Dikutip dari parenting.firstcry.com, salah satu cara yang baik untuk kamu sebagai orangtua agar anak berusia 4 tahun tetap terhibur adalah dengan bermain bersama. Entah permainan yang mengedukasi, menyenangkan, atau berfokus pada perkembangan fisik anak.

Permainan merupakan cara yang bagus untuk membuat anak-anak tetap terlibat dan aktif dalam perkembangannya. Berikut ada beberapa permainan kreatif untuk anak yang berusia 4 pampai 5 tahun. 

1. Tenun kertas

Kamu membutuhkan dua kertas dengan warna berbeda, gunting, pensil, dan penggaris untuk menyelesaikan karya seni ini. 

Caranya: 

  • Ambil salah satu lembar dan gambar garis lurus melintasi halaman.
  • Untuk lembar berikutnya, lipat menjadi dua dan kemudian tarik garis lurus dari lipatan, sisakan jarak setidaknya 3 sentimeter dari tepi kertas.
  • Buat strip dari lembar kertas pertama.
  • Untuk yang kedua, potong sepanjang garis tetapi jangan memotong seluruhnya. Saat membuka kertas, kertas itu seharusnya masih utuh, tetapi dengan celah besar di kertas.
  • Ambil celah yang kamu buat sebelumnya dan tunjukkan kepada anak-anak cara menenun kedua kertas dengan bergantian di atas dan di bawah. 

Manfaat: 

  • Koordinasi tangan-mata
  • Keterampilan motorik halus
  • Teknik dasar menjahit dan menenun.

2. Bermain lilin adonan

Ini adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan indra anak. 

Caranya: Ambil lilin yang mudah dibentuk, kamu bisa mengajak anak kamu membuat apapun yang mereka inginkan seperti bermain masak-masakan atau membuat properti seperti bangku dan lain-lain. Gunakan rolling pin dan juga gunting untuk menjadi alat pembuat mainan tersebut. 

Manfaat: 

Hal ini dapat mengasah kemampuan koordinasi tangan dan juga katanya, dapat juga meningkatkan indra peraba anak.

3. Pohon alfabet

Belajar alfabet dengan cara yang menyenangkan!

Caranya: 

Dengan menggunakan selembar kain cokelat, pandu anak dalam memotong batang dan cabang pohon. Kemudian, potong 26 daun hijau dan tuliskan alfabet pada masing-masing daun. Kemudian, mintalah anak untuk menyatukan semuanya, membacakan nama surat itu saat dia menempelkannya di pohon.

Manfaat: Hal ini dapat melatih keterampilan motorik anak, kemampuan membaca dan juga keterampilan dalam pengenalan huruf dan angka. 

 

*Penulis: Saffa Sabila. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading