Sukses

Parenting

Menyusui, Aktivitas yang Bermanfaat Mencegah Risiko Depresi

Fimela.com, Jakarta Menyusui merupakan aktivitas yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya manfaatnya adalah mencegah risiko depresi bagi ibu yang baru saja melahirkan dan memulai kehidupan baru sebagai seorang ibu. 

Melansir dari laman independent.co.uk, para ahli menyebutkan jika aktivitas menyusui bisa membuat suasana hati Mom makin tenang. Aktivitas ini juga sekaligus sebagai aktivitas yang membantu Mom memiliki waktu istirahat cukup setelah melahirkan. 

Beberapa studi juga menyebutkan jika menyusui bisa mencegah atau menurunkan risiko depresi hingga 50 persen. Benarkah demikian?

Depresi Berkurang Hingga 50 Persen Bagi Mom

Penelitian yang dilakukan para peneliti di Cambridge University menemukan jika menyusui secara full bagi ibu yang baru melahirkan bisa mencegahnya dari risiko depresi atau baby blues. Menyusui akan membantu ibu memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya di bulan pertama setelah melahirkan atau selama nifas

Menyusui Bantu Mom Memiliki Waktu Istirahat Cukup

Dengan waktu istirahat cukup, ini akan membantu ibu melahirkan pulih lebih cepat dan lebih baik. Ini juga akan membantu ibu merasa lebih tenang, nyaman dan positif selama menjadi ibu baru. Menurut Rosemary Dodds dari National Childbirth Trust, menyusui akan membantu para ibu lebih santai dan terhindar dari stres. 

Selain aktivitas menyusui, beberapa hal lain juga dipercaya bisa mencegah risiko depresi setelah melahirkan. Hal tersebut antara lain adalah menutrisi tubuh dengan baik, dukungan dari orang sekitar terutama suami, orangtua dan mertua, juga lingkungan yang bersih. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk selalu jaga kesehatan mental kita bersama demi bahagianya diri sendiri pun semua anggota keluarga lainnya. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading