Sukses

Parenting

Ketahui Penyebab Jomblo Terlalu Lama yang Bikin Susah Cari Pasangan

Fimela.com, Jakarta Jomblo adalah pilihan bukan takdir. Dalam kondisi tertentu, seseorang berhak memilih untuk tidak memiliki pasangan karena mungkin hal itu bersebrangan dengan prioritas hidupnya.

Namun, semakin bertambahnya usia, masalah mengenai hubungan dan pasangan kerap kali sulit disangkal. Lalu, bisa saja kamu mulai mengeluh karena sulit mendapatkan pasangan dan akhirnya lama menjomblo. 

Apa yang menyebabkan seseorang menjadi jomblo terlalu lama? Ada banyak faktor. Pastinya faktor terbesarnya ada di dalam diri sendiri. Apa sajakah itu? 

Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini akan mengulasnya. Dilansir dari beragam sumber, simak penyebab jomblo terlalu lama di bawah ini. 

1. Merasa Kurang Percaya Diri

Penyebab pertama kamu menjomblo terlalu lama adalah karena kurangnya rasa percaya diri. Mungkin hal ini tidak disadari oleh banyak orang, namun ketika kamu berpikir bahwa kamu tida cukup sempurna untuk dicintai, kamu akan menjadi seseorang yang rendah diri. 

Sebaiknya hilangkan pikiran negatif tentang dirimu sendiri. Orang yang memang mencintaimu, akan menerima dan mengerti keadaanmu. Jika ada seseorang yang membuatmu merasa buruk, itu tandanya dia bukan jodohmu. Seseorang yang mencintai pasangannya tidak akan mampu mengeluarkan kata-kata yang dapat melukai pasangannya.

2. Mengalami Trauma

Selanjutnya, penyebab kedua yang membuat kamu lama menjomblo adalah karena rasa trauma yang belum berakhir. Bisa jadi, kamu adalah sosok yang sangat tersakiti di hubunganmu sebelumnya. 

Saking sakitnya sampai kamu merasa takut untuk memulai komitmen baru dengan orang lain. Lalu kemudian berpikir bahwa hal yang sama akan terulang kembali. Ini tandanya kamu masih merasa trauma dan belum bisa berdamai dengan masa lalu. 

3. Punya Standar Ideal yang Kurang Realistis

Selanjutnya, jika menjadi rendah diri dapat membuatmu susah menemukan pasangan, maka terlalu percaya diri dengan menetapkan standar pasangan ideal yang kurang realistis juga sama saja. Semua orang boleh memiliki impian akan sosok pasangan yang sempurna, namun jangan sampai hal ini justru menjadi pengambat bagi dirimu sendiri. 

Pada dasarnya, tidak ada manusia yang sempurna, semua memiliki kekurangan, termasuk siapapun yang akan menjadi pasanganmu kelak. Jadi, daripada berkuat dengan standar pasangan ideal yang kurang realistis, lebih baik kamu bercengkrama dengan keunikan setiap orang, siapa tahu hal itu bisa membuatmu bahagia. 

 

4. Tidak Merubah Diri

Memang tidak mudah menilai atau menyadari kesalahan yang ada pada diri sendiri. Terkadang kita terlalu sering menyalahkan keadaan atau orang lain atas hal buruk yang terjadi pada diri kita tanpa kita berusaha berbenah dan memperbaiki diri. 

Hal ini juga punya dampak terhadap kualitas hubungan percintaanmu. Ketika kamu tidak merubah diri menjadi lebih baik daripada sebelumnya, maka kamu akan tetap berada pada kesalahan yang sama dan susah mendapatkan pasangan. Jadi, cobalah melakukan intropeksi diri, kelak jika kamu sudah berubah, maka energi positif dalam dirimu akan menarik seseorang yang tepat. 

5. Terlalu Membatasi Komunikasi

Terakhir, penyebab kamu menjadi jomblo dalam waktu yang lama karena kamu sendiri yang membatasi komunikasi dengan lawan jenis. Ini adalah hal sederhana yang dapat membuatmu kesulitan mendapatkan pasangan. 

Jika kamu ingin segera bertemu orang yang tepat, maka kamu harus membuka komunikasi dengan orang lain. Karena bagaimana caranya kamu bisa mendapatkan pasangan terbaik jika kamu saja menutup diri, bukankah begitu, Ladies? 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading