Sukses

Parenting

Lakukan Hal Berikut Jika Mengalami Baby Blues

Fimela.com, Jakarta Melahirkan merupakan hal yang tak mudah sekaligus momen yang mengharukan bagi para Ibu. Setelah 9 bulan mengandung, akhirnya bertemu dengan sang buah hati. Baby blues, merupakan hal yang wajar terjadi pada beberapa hari setelah melahirkan, rasa sedih atau ketakutan tak bisa memberikan yang terbaik pada anak yang muncul setelah melahirkan merupakan perasaan yang banyak dirasakan oleh para orang tua ketika anak baru lahir. 

Setelah lahir, tubuh mengalami fluktuasi hormonal yang ekstrim untuk membantu untuk memulihkan dan merawat bayi, menyusutkan rahim kembali ke ukuran normal dan meningkatkan laktasi, antara lain. Perubahan hormonal itu juga dapat mempengaruhi kondisi pikiran ibu pasca melahirkan.

Jadi, hal tersebut sangatlah lumrah terjadi, namun jangan sampai melewati batas emosional dan malah menyakiti diri sendiri ataupun sang buah hati. Untuk itu, simak beberapa tips untuk menangani baby blues yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Tidurlah dengan cukup

Kelelahan akan memperburuk keadaan. Selain tak bisa fokus, kurang tidur juga akan mempengaruhi emosional kita. Maka dari itu pastikan untuk tidur dengan cukup.

2. Jangan sungkan meminta bantuan

Jika merasa mengurus anak merupakan hal yang memerlukan lebih banyak tenaga dan waktu, jangan sungkan untuk meminta tolong pekerjaan lainnya yang biasa dilakukan sebelum adanya anak. Mencuci piring, baju, atau bahkan minta bantuan kepada keluarga atau pasangan untuk menggantikan menjaga dan mengganti popok anak.

3. Berbicara dengan seseorang

Tidak harus dengan terapis, tetapi jika kamu memilikinya, hubungi mereka. Jika tidak, mengobrol dengan anggota keluarga atau teman yang tidak akan menghakimi. Terkadang kita perlu mengeluarkan isi hati. 

4. Lakukan sesuatu yang disukai

Meskipun telah mengurus anak jangan melupakan kesenangan pribadi. Tetap bisa melakukannya di sela-sela mengurus anak seperti ketika anak tidur, atau sedang bergantian jaga dengan suami. 

5. Keluar rumah dan cari udara segar

Memiliki bayi baru bisa terasa terisolasi. Bertemu dengan teman-teman untuk minum kopi. Bicaralah dengan mereka tentang apa yang dirasakan. Terhubung dengan ibu baru lainnya. Mungkin ada kekuatan dalam jumlah. Dan jangan lupa untuk menikmati udara segar

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading