Sukses

Parenting

7 Tips Menyenangkan Melatih Anak untuk Menjalankan Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan tinggal menghitung hari nah, bagi Sahabat Fimela yang memiliki anak tentu punya rencana untuk mengajak si kecil berpuasa, bukan? Mengajarkan anak berpuasa sejak dini memang baik, akan tetapi para orangtua perlu memperthatikan kondisi fisik anak agar puasa bisa berjalan aman.

Tentunya, Mom perlu melatih anak dalam berpuasa. Lalu bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Latihan

Latihan adalah cara baik untuk memulai sesuatu misalnya seperti puasa. Banyak cara yang dapat Mom coba untuk melatih anak berpuas, misalnya seperti mengajak mereka sahur dan berbuka bersama. Bila anak sudah siap, cobalah untuk memintanya berbuka puasa ketika waktu makan siang tiba dan melanjutkannya lagi hingga Magrib.

2. Menetapkan Tujuan

Jika anak ingin berpuasa, mintalah mereka untuk menetapkan tujuan berapa kali mereka ingin mencobanya. Ini memberi anak-anak rasa memiliki tujuan dan sesuatu yang harus mereka usahakan.

3. Tawarkan Hadiah

Cara hebat lainnya untuk mendorong anak berpuasa adalah dengan menawarkan hadiah untuk setiap puasa yang diselesaikan. Mom, bisa memberi mereka hadiah kecil. Ide yang menyenangkan adalah meledakkan balon dan menambahkan mainan kecil atau camilan di dalamnya. Ketika anak telah menyelesaikan puasanya, pecahkan balon untuk menemukan hadiahnya.

4. Meminta Anak untuk Membantu Menyiapkan Menu Sahur dan Berbuka

Libatkan anak-anak dalam segala hal yang berkaitan dengan puasa, baik mengatur meja untuk sahur/berbuka puasa atau mengeluarkan kurma dan membagikannya kepada semua orang. Melibatkan mereka akan menumbuhkan pemahaman yang lebih baik tentang kegiatan puasadan membuat mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan ritme puasa.

5. Biarkan Mereka Berbuka dengan Cara Apa Pun yang Mereka Ingin

Bahkan jika anak-anak tidak berpuasa, mintalah mereka berbuka puasa bersama dengan makan kurma sebelum makan malam, ini akan membantu mereka memahami sunnah puasa. Mom juga dapat mulai mengajari mereka doa untuk berbuka puasa.

6. Tanamkan Kebiasaan di Bulan Ramadan

Tanamkan kepada mereka dalam segala hal Ramadan dan puasa. Baca tentang Ramadan, baca tentang puasa, baca hadits yang berhubungan dengan puasa, jelaskan pahalanya, beri tahu mereka semua yang diperlukan.

7. Jadilah yang Terbaik

Tidak perlu membahas terlalu banyak detail di sini. Tapi teladan yang baik sangat berharga. Anak-anak selalu ingin meniru orangtua mereka dan puasa tidak berbeda, anak-anak menghormati orangtua mereka dan ingin dapat melakukan apa yang mereka lakukan. Pastikan anak-anak melihat semua yang Mom lakukan, bersikap ekstra baik kepada mereka dan tunjukkan kepada mereka keindahan Ramadan melalui kata-kata dan tindakan.

Well, tetapkan cara yang lebih menyenangkan dan pastikan untuk mengontrol kondisi kesehatan anak ya, Mom. Jangan terlalu memaksa si kecil untuk menjalankan puasa. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading