Sukses

Parenting

5 Buah Terbaik untuk Menu MPASI Bayi Sehari-Hari

Fimela.com, Jakarta Ketika bayi telah mencapai usia 6 bulan, Mom penting memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Seiring bertambahnya usia bayi dan mulai tumbuhnya gigi bayi, ia penting mendapatkan asupan nutrisi lain selain ASI. Karena apa? 

Konsumsi ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Apalagi jika bayi sudah mulai bergerak aktif dan memerlukan banyak tambahan energi dalam dirinya. Namun Mom, saat memilih menu MPASI untuk bayi kita harus sangat hati-hati. Melansir dari laman parents.com, tidak semua makanan bisa diberikan ke bayi. Karena di usia ini bayi masih dalam tahap belajar. Salah satunya adalah belajar mengenal makanan yang diberikan kepadanya. 

Bicara mengenai menu MPASI, salah satu menu terbaik untuk MPASInya sehari-hari adalah buah. Ada beberapa buah yang dikatakan terbaik sebagai menu MPASI sehari-hari. Apa saja buahnya?

Apel

Buah pertama yang menjadi buah terbaik adalah apel. Apel mengandung nutrisi yang berlimpah untuk membantu memaksimalkan tumbuh kembang bayi. Saat memberikan apel ke buah hati, pastikan jika apel dalam kondisi matang atau telah dimasak. Kupas apel kemudian cuci bersih dan kukus di wadah tahan panas hingga matang. Haluskan buah apel yang telah dikukus, berikan ke bayi sebagai menu MPASI bayi di usia 6 bulan hingga 9 bulan.

Pisang

Buah selanjutnya adalah pisang. Pisang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh bayi. Pisang juga memiliki rasa yang manis, tekstur yang lembut dan aroma yang pas untuk bayi. Pisang bisa diberikan secara langsung dengan dilumatkan lebih dulu atau dikukus. Pisang bisa diberikan pure pisang atau dicampur dengan susu.

Alpukat

Buah alpukat juga menjadi buah terbaik untuk menu MPASI sehari-hari bayi. Alpukat merupakan sumber lemak sehat dan vitamin yang menunjang pertumbuhan serta perkembangan bayi. Alpukat juga bermanfaat mencerdaskan otak bayi. Alpukat bisa diberikan secara langsung. Pastikan agar alpukat yang diberikan ke bayi adalah alpukat yang telah matang sempurna.

Pepaya

Pepaya juga menjadi buah terbaik untuk menu MPASI. Buah pepaya kaya akan vitamin A dan C. Rasa buah ini juga manis sehingga cocok untuk lidah bayi. Pepaya matang bisa diberikan langsung ke bayi setelah dicuci hingga benar-benar bersih dan dihaluskan.

Buah Naga

Buah naga juga menjadi buah terbaik untuk menu MPASI bayi. Haluskan buah naga dengan cara diblender kemudian saring agar bijinya terpisah. Campur buah naga bersama biskuit bayi untuk dapatkan tekstur yang lebih kental dan sesuai dengan lidah bayi. 

Itulah beberapa buah terbaik untuk menu MPASI bayi sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi dengan memberinya makanan sehat setiap harinya ya Mom.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading