Sukses

Parenting

5 Cara agar Anak Senang Belajar

Fimela.com, Jakarta Ketika mendengar kata belajar memang terlihat menyeramkan bagi beberapa anak. Namun belajar seharusnya tidak menjadi beban baginya. Trauma dan rasa takut seringkali menjadi alasan anak merasa tertekan saat harus belajar.

Tapi apakah belajar bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan? Yup, hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Sebagai orangtua, kamu bisa membuat suasana belajar menjadi hal yang menyenangkan. Dan membuat anak bisa bahagia saat belajar.

Sahabat Fimela, berikut adalah 5 cara untuk membuat anak senang belajar. Yuk, simak caranya di bawah ini.

Pecah Tugas Besar jadi Kecil

Kadang anak enggan mengerjakan PR karena sudah merasa terbebani dulu dengan tugas yang begitu berat atau panjang. Di sini, kamu bisa membantu anak untuk memecah tugas besar jadi kecil. Misal, ada PR mengerjakan 10 soal, maka kamu bisa membantunya untuk membuat jadwal setiap beberapa jam sekali untuk mengerjakan 2 soal.

Berikan Pilihan Waktu untuk Belajar

Seringkali sebagai orangtua, kamu tidak sadar untuk memaksakan sesuatu kepada anak. Termasuk saat waktu untuk belajar. Alih-alih menyetirnya, kamu bisa memberikan pilihan kapan ia untuk belajar. Contohnya, daripada langsung menyuruh anak untuk belajar setelah makan malam, kita bisa memberinya pilihan mau belajar sebelum atau setelah makan malam. Dengan diberi pilihan ini, anak bisa merasa dirinya dipercaya sekaligus belajar bertanggung jawab.

Jaga Ekspektasi

Yang sering membuat kita kecewa sebenarnya adalah ekspektasi pada anak. Kadang memang perlu memberi motivasi pada anak untuk belajar, tapi kita juga tak bisa meminta anak untuk juara satu. Cari tahu pelajaran apa yang paling disukainya. Dorong ia untuk mengeksplorasi hal-hal yang menarik minatnya tersebut. Sehingga hal ini membuat anak tak merasa terbebani.

Bantu Anak Tetap Teratur

Membantu anak mengatur makalah, buku, dan tugasnya akan sangat membantu dia untuk merasa termotivasi untuk belajar. Jadi, pastikan kamu sebagai orangtua memiliki peran tersebut. Membantu anak teratur bukan membuatnya seakan teratur. Beri ia tanggung jawab dengan membiarkan ia melakukan tugasnya sendiri.

Fokus pada Minat Anak

Pahami apa yang menjadi minat anak. Ketahui apa pelajaran yang disukainya. Dorong anak untuk mengeksplorasi topik dan subjek yang membuatnya tertarik. Jika dia menyukai tanaman, bantu dia menemukan buku dan cerita menarik dan menarik tentang tanaman. Cara ini akan membuat anak merasa senang untuk mencari tahu hal yang baru untuknya.

Sahabat Fimela, demikian 5 cara membuat anak untuk senang belajar. Jadikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan bukan beban. Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading