Sukses

Parenting

7 Cara Merayakan Lebaran Sehat selama Hamil

Fimela.com, Jakarta Saat lebaran pasti akan ada banyak makanan, bertemu dengan banyak orang dan kemungkinan harus melakukan banyak kegiatan. Bagi ibu hamil, Lebaran mungkin menjadi momen bahagia sekaligus perlu dijalani dengan penuh kehati-hatian. Bagaimana pun juga kondisi fisik dan kesehatan harus dijaga demi si kecil yang ada di dalam kandungan. Agar bisa menjalani lebaran ini dengan tetap sehat, ini sekian tips atau cara merayakan lebaran aman dan nyaman selama hamil.

1. Hindari makanan tinggi kolesterol

Tentu Moms akan tertarik makan rendang, gulai, opor ayam atau sambal goreng kentang ati, tapi batasi porsinya ya. Jangan terlalu berlebihan makan makanan tinggi lemak dan kolesterol agar tidak memicu tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, pembengkakan dan efek buruk lainnya untuk kesehatan selama kehamilan.

2. Batasi makan dan minuman manis

Seperti halnya makan tinggi kolesterol, makanan manis juga perlu dibatasi. Kue-kue lebaran yang tinggi gula punya risiko besar meningkatkan risiko obesitas, diabetes gestasional, preeklamsia, bahkan komplikasi kehamilan seerti kelahiran prematur pada bayi. Jadi batasi konsumsinya.

3. Perbanyak minum air putih

Agar bisa mencegah makan berlebihan dan tidak sehat, seringlah minum air putih. Banyak minum air putih bukan hanya bisa menurunkan keinginan makan semua menu makanan di meja, tetapi juga mencegah dehidrasi, melancarkan peredaran darah dan menjaga kelancaran sistem pencernaan sehingga tidak sembelit selama lebaran.

4. Makan sayur dan buah

Daripada makan makanan yang berlemak dan kalori tinggi, pilihlah makan sayur dan buah yang berserat, tinggi vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan bayi di dalam kandungan. Karena buah dan sayur mudah membuat perut kenyang, kamu juga sekaligus bisa mencegah keinginan ngemil dan makan berlebihan.

5. Minum vitamin

Selama lebaran jangan sampai lupa tidak minum vitamin atau suplemen prenatal untuk mencukupi kebutuhan vitamin tubuh dan menjaga perkembangan sehat bayi.

6. Sering jalan-jalan

Jika pada akhirnya kamu tetap makan banyak, satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengimbangi kalori yang masuk ke dalam tubuh adalah dengan membakarnya. Lakukan olahraga ringan yang dapat membantu kekuatan kandungan seperti jalan-jalan santai di sekitar rumah di pagi hari sambil menghirup udara segar.

7. Jangan terlalu lelah

Hanya karena senang bertemu sanak saudara setahun sekali, jangan sampai mengorbankan jam tidur atau fisik untuk melakukan banyak kegiatan. Tetap jaga kesehatan tubuh dengan melakukan kegiatan seperlunya, jangan terlalu lelah dan begadang. Usahakan mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Itu dia sekian cara merayakan lebaran tetap sehat selama hamil.  

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading