Sukses

Parenting

7 Tanda Ibu Hamil Mengalami Keguguran, Hati-Hati ya!

Fimela.com, Jakarta Meskipun kabar hamil akan sangat disyukuri siapa saja, apalagi keluarga terdekat, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu kehamilan juga bisa mengalami kegagalan. Keguguran merupakan istilah yang umumnya digunakan untuk menjelaskan kejadian kehilangan bayi sebelum minggu ke-20 kehamilan. Umumnya keguguran memiliki risiko besar saat usai kandungan dalam usia 0-20 minggu. Itulah mengapa ibu hamil sudah sepatutnya menjaga kesehatan diri sendiri dan kandungan di masa kehamilan ini.

Lebih dari 80% keguguran terjadi dalam 3 bulan pertama kehamilan. Meski sudah dijaga pun seringkali banyak perempuan tidak bisa menghindari keguguran. Bahkan banyak perempuan hamil yang tidak tahu tanda-tanda dirinya mengalami keguguran. Untuk lebih mewaspadai keguguran, sebaiknya ketahui sekian tanda ibu hamil mengalami keguguran yang dilansir dari WebMD berikut ini.

1. Pendarahan yang ringan hingga berat

Ini merupakan gejala paling umum dari keguguran. Jangan abaikan jika mengalami pendarahan padahal dirimu dalam kondisi hamil. Kehamilan normal tidak akan menunjukkan gejala perubahan keluarnya darah dari vagina, apalagi jika frekuensinya mirip dengan menstruasi.

2. Kram parah

Beberapa perempuan kemungkinan akan mengalami kram perut atau otot-otot di sekitar perut selama hamil, tapi jika sudah dalam kadar sangat menyakitkan dan parah, kamu perlu hati-hati. Segera periksakan ke dokter jika merasakan sakit di perut atau kram di area bawah perut.

3. Keluar lendir keputihan warna merah

Selain keluarnya darah secara langsung, jangan abaikan jika mengalami keputihan atau keluarnya cairan dan lendir berwarna bening, putih hingga merah muda. Hal ini sering disebut dengan spotting, ketika cairan yang keluar dari organ intim bercampur dengan darah yang kemungkinan menunjukkan adanya keguguran, apalagi jika berlangsung lama.

4. Keluar gumpalan darah

Jika sedang hamil tapi tiba-tiba mengeluarkan gumpalan darah, ini tanda keguguran yang patut diwaspadai. Seringkali keluarnya gumpalan darah bisa diikuti dengan kontraksi pada perut atau tidak sama sekali. Segera periksakan ke dokter kandungan.

5. Kelelahan dan lemas

Tubuh terasa lemas, lelah dan tidak bertenaga ternyata juga bisa menjadi tanda keguguran karena ada kemungkinan kamu sedang mengalami banyak perubahan di dalam tubuh. Itulah mengapa ibu hamil sebaiknya mengusahakan untuk tidak banyak melakukan kegiatan yang berat dan menguras tenaga.

6. Sakit punggung yang parah

Mirip dengan kram di perut, sakit atau nyeri punggung juga bisa menjadi pertanda keguguran. Jangan abaikan ketika mengalami kram parah di punggung bagian bawah, karena ada kemungkinan bisa memengaruhi kesehatan kandungan.

7. Demam tinggi diikuti dengan beberapa gejala umum

Terkadang ibu hamil juga bisa menunjukkan gejala demam parah diikuti dengan gejala umum seperti keluarnya bercak-bercak darah, lemas dan kram. Hati-hati jika mengalami sekian gejala ini sekaligus dalam keadaan hamil. Segera minum obat penurun demam dan periksakan ke dokter kandungan.

Ada banyak sekali penyebab ibu hamil mengalami keguguran. Meski demikian, jangan patah semangat untuk berusaha kembali setelah tubuh kembali sehat dan putih Sahabat Fimela, sekaligus perhatikan juga tanda di atas untuk berjaga-jaga selama hamil.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading