Sukses

Parenting

8 Manfaat Menyusui Setelah Melahirkan Selain Menunda Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan, hampir semua Mom akan menyusui buah hatinya. Penting bagi Mom untuk menyusui eksklusif buah hati. Selama produksi ASI (Air Susu Ibu) lancar dan tak ada masalah yang membuat Mom dilarang untuk menyusui, pastikan untuk menyusui buah hati ya Mom. 

Melansir dari laman babycenter.com, menyusui memiliki banyak manfaat untuk Mom maupun buah hati. Aktivitas menyusui tak hanya mampu menutrisi buah hati dengan baik saja. Lebih jauh, menyusui bisa membuat kedekatan Mom dan buah hati semakin baik. Menyusui juga memiliki segudang manfaat lain yang kemungkinan tak bisa didapat dari aktivitas lain. 

Apa saja manfaat dari menyusui?

Manfaat Menyusui

Penelitian menemukan jika manfaat menyusui salah satunya adalah menunda kehamilan. Mom yang aktif menyusui buah hati selama enam bulan pertama usia buah hati, bisa terhindar dari peluang kehamilan sebesar 98 persen. Mom juga bisa merasakana berbagai manfaat lain dari menyusui. Berikut beberapa manfaat tersebut. 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi dan gizi yang terkandung dalam ASI sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga ia akan terhindar dari berbagai risiko penyakit. 
  • Meningkatkan kecerdasan buah hati. Penelitian menemukan jika nutrisi yang terkandung dalam ASI sangat baik untuk kecerdasan otak bayi. 
  • Menyusui bermanfaat meredakan stres dan depresi bahkan mencegah keduanya. 
  • Nutrisi yang terkandung dalam ASI sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati.
  • Menyusui bisa mengurangi risiko bayi meninggal mendadak atau Sudden Infant Death Syndrom/SIDS.
  • Kandungan insulin yang sedikit pada ASI bermanfaat menstabilkan berat badan buah hati. Bayi dengan ASI eksklusif dikatakan lebih sehat dan berpeluang memiliki berat badan ideal dibandingkan bayi dengan asupan susu formula atau makanan lain. 
  • Menyusui bermanfaat bantu menurunkan berat badan Mom setelah melahirkan. Ini mengingat bahwa menyusui juga bermanfaat membakar kalori dalam tubuh. 
  • Menyusui akan membantu Mom dan buah hati menjadi lebih dekat. Keduanya akan memiliki ikatan batin atau emosional yang baik antara satu dengan yang lain. 

Itulah beberapa manfaat menyusui buat Mom maupun buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mengASIhi para Mom pejuang ASI. Sehat selalu untuk Mom maupun buah hati. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading