Sukses

Parenting

Orangtua Wajib Tahu, 4 Cara Mengajari Anak Umur 1 Tahun Sikat Gigi

Fimela.com, Jakarta Pertumbuhan anak seringkali terasa sangat cepat. Sebagai seorang Ibu, kamu mungkin terkejut anak sudah bisa memegang botol sendiri hingga berjalan tanpa memegang tanganmu.

Terkadang, orangtua sulit mengajar anak-anak untuk melakukan sesuatu sendiri. Kemandirian anak membantu mengembangkan keterampilan memecahkan masalah dan kepercayaan diri.

Sebagian besar anak berumur satu tahun sudah siap untuk menyikat gigi. Teknik menyikat gigi yang tepat diperlukan untuk membantu anak menjaga kesehatan mulut.

Jadi, dari mana sebaiknya kamu sebagai orangtua memulai mengajarkan anak menyikat gigi? Simak empat tips berguna untuk mengajari anak menyikat gigi ini untuk mengajari si kecil dikutip dari smilesdentistry4kids.com!

Cara mengajari anak menyikat gigi

1. Diskusikan dengan dokter gigi anak

Dokter gigi anak dilatih secara khusus untuk merawat dan merawat mulut anak-anak. Dokter gigi anak dengan senang hati mendiskusikan pertanyaan apa pun yang kamu miliki tentang kesehatan mulut anak.

Kamu bisa berdiskusi dengan dokter gigi tentang cara menyikat gigi yang benar. Yuk, kumpulkan pertanyaanmu dari sekarang dan tanyakan kepada dokter gigi!

2. Berikan contoh terlebih dahulu

Sebelum anak mempraktikkan secara mandiri, ada baiknya kamu memberikan contoh terlebih dahulu. Mintalah anakmu menyaksikan cara kamu menyikat gigi sehingga ia tahu persis seperti apa langkah persisnya.

Cara mengajari anak menyikat gigi

3. Ajarkan teknik menyikat gigi

Setelah dua langkah di atas, kamu perlu memperhatikan ketepatan anak dalam menyikat gigi. Jelaskan bahwa anak harus menyikat gigi selama dua menit di pagi hari dan dua menit di malam hari.

4. Lakukan dengan menyenangkan

Bukan hal yang mudah untuk mengajari anak menyikat gigi dengan tepat. Untuk itu, kamu boleh mencoba untuk membuat kegiatan menyikat gigi menjadi lebih menyenangkan. 

Caranya, bawalah anak ke toko untuk memilih sikat giginya sendiri. Bolehkan anak untuk memilih rasa pasta gigi yang ia gemari. Kemudian, kamu bisa memutarkan lagu atau video berdurasi dua menit selama kegiatan mencuci gigi.

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti 

#Women for Women

What's On Fimela
Loading