Sukses

Parenting

Memeluk Anak Bermanfaat Memaksimalkan Tumbuh Kembang Anak

Fimela.com, Jakarta Kasih sayang orangtua berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Dan salah satu bentuk ekspresi dari kasih sayang orangtua ke anak adalah sebuah pelukan hangat saat anak bahagia pun sedih hatinya. 

Para ahli mengungkapkan bahwa memeluk anak tidak hanya bermanfaat menenangkan anak saat ia sedih, kecewa atau terluka. Lebih jauh, memeluk anak dengan tulus dan penuh cinta bisa membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak. Anak yang mendapatkan pelukan tulus dari orangtuanya akan merasa ia begitu berharga dan istimewa. Anak yang mendapatkan pelukan dari orangtua juga akan merasa begitu dicintai, dipedulikan dan terlindungi.

Memeluk Anak Mencerdaskan Anak

Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika anak yang mendapatkan pelukan tulus setidaknya sebanyak 20 jam setiap minggunya memiliki kecerdasan otak yang mengesankan dibandingkan anak yang dibiarkan tidur sendiri dan bermain sendiri setiap harinya. 

Para ahli menemukan jika sentuhan dan kasih sayang penuh dari orangtua berperan besar dalam membentuk dan mengembangkan kecerdasan anak. 

Meningkatkan Imunitas Anak

Melansir dari laman theasianparents.com, memeluk anak juga bermanfaat meningkatkan imunitas anak. Para ahli di Cernegie Mellon University di Pittsburgh melalui jurnal psikologi yang diterbitkan di tahun 2012 menyebutkan jika pelukan bisa menurunkan risiko penularan penyakit seperti flu, batuk, pilek dan sejenisnya. 

Anak-anak yang mendapat kasih sayang penuh, pelukan hangat dan cinta tulus dari orangtua diketahui memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Anak yang sakit pun besar harapan untuk segera sembuh dengan sentuhan dan pelukan penuh cinta dari orangtuanya. 

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Anak-anak yang mendapat kasih sayang tulus lewat pelukan salah satunya akan merasa lebih percaya diri, semangat dan bahagia. Saat anak merasa percaya diri dan bahagia, ia pun akan semakin sehat secara fisik pun psikis. 

Anak-anak ini juga sangat rendah berisiko stres, cemas maupun Depresi. Menariknya lagi, anak ini akan memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik, fokus dan teliti.

Membantu Anak Bersikap Lebih Baik dan Sopan

Para ahli menemukan jika anak dengan kasih sayang terbaik dari orangtuanya akan memiliki sikap dan sopan santun yang lebih baik. Pelukan bermanfaat membentuk anak menjadi pribadi dengan karakter yang lemah lembut serta penuh kasih sayang. 

Mengingat begitu bermanfaatnya memberi pelukan ke anak, jangan ragu untuk mencurahkan kasih sayang ke anak dengan tulus lewat pelukan. Meski begitu, jangan berlebihan dalam memberi kasih sayang ke anak apalagi sampai memanjakan anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Loading