Sukses

Parenting

3 Cara Mudah Menidurkan Bayi yang Bisa Dicoba di Rumah

Fimela.com, Jakarta Merawat dan menjaga bayi merupakan aktivitas yang begitu menyenangkan serta mengesankan. Meski begitu, merawat dan menjaga bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Orangtua harus memberikan segala yang terbaik untuk bayi dan mau tidak mau harus begadang demi merawat serta menjaga bayi. Inilah yang terkadang membuat orangtua baru merasa kewalahan dan kecapekan saat merawat bayi. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orangtua ingin melihat buat hatinya segera tertidur. Ini agar orangtua bisa melakukan aktivitas dan pekerjaan lainnya. Ini juga karena orangtua ingin segera istirahat dan ikut tertidur bersama bayinya. Lantas, bagaimana kira-kira caranya agar bayi lekas tidur? 

Melansir dari laman theasianparents.com, berikut beberapa cara mudah untuk menidurkan bayi yang bisa Mom coba di rumah.

Berikan Belaian Kasih Sayang dan Cinta

Belaian kasih sayang dan cinta yang tulus dari orangtua akan membuat bayi merasa nyaman. Kenyamanan inilah yang kemudian membuat bayi lekas tertidur. Belaian yang dilakukan secara halus dan hati-hati disertai dengan lantunan musik klasik atau nyanyian lembut dari Mom, ini bisa menjadi pengantar tidur terbaik untuk bayi. Saat bayi menunjukkan tanda-tanda bahwa dirinya mengantuk, Mom bisa segera membelai bayi agar ia lekas tidur. 

Menggendong Bayi

Cara selanjutnya adalah menggendong bayi. Usahakan untuk menggendong dan menimang bayi agar ia lekas tertidur. Saat bayi menunjukkan tanda-tanda ia mengantuk, sebaiknya gendong anak agar ia lekas tertidur. Pada enam bulan pertama usia bayi, menggendong adalah cara termudah yang bisa dilakukan orangtua untuk menidurkan bayi. 

Tepuk-Tepuk Tubuh Bayi dengan Lembut

Menepuk-nepuk tubuh bayi secara lembut juga akan membuat bayi lekas tertidur. Umumnya, bayi akan tertidur saat ia ditepuk pundak, bokong atau kakinya. Tepuk-tepuk bayi di tempat tidur saat ia mengantuk, hal ini akan membantunya merasa nyaman dan aman. Perasaan nyaman dan aman inilah yang kemudian membuat bayi merasa tenang dan ingin segera tidur dengan nyenyak. 

Itulah sedikitnya tiga cara mudah yang bisa dilakukan untuk menidurkan bayi. Selain cara di atas, beberapa cara lain yang bisa dicoba Mom adalah menyusui bayi saat ia mengantuk, menerapkan rutinitas tidur yang sama setiap harinya dan memastikan bahwa bayi tidur di tempat tidur yang bersih, nyaman dan aman. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading