Sukses

Parenting

Studi: Bermain di Alam Terbuka Baik untuk Kesehatan Mental Anak

Fimela.com, Jakarta Ketika anak meminta untuk bermain di luar ruangan, jangan pernah untuk melarangnya Mom. Selama ia bermain dengan aman dan tetap didampingi oleh orangtua, usahakan untuk membiarkan anak bermain di alam terbuka. 

Beberapa penelitian terbaru menemukan jika anak-anak yang suka bermain di luar ruangan atau di alam terbuka memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Bermain di alam terbuka bahkan bisa meningkatkan kecerdasan dan kreativitas otak anak.

Bermain di Alam Terbuka Lebih Menyehatkan

Mengutip dari laman parents.com, penelitian yang dilakukan para ahli di University of Exeter, Inggris menemukan jika anak-anak yang bermain di alam terbuka dan melibatkan fisik seperti lompat tali, memanjat pohon, bersepeda, bermain bola dan sejenisnya justru memiliki kesehatan fisik yang lebih baik. Anak-anak ini juga memiliki kesehatan mental yang lebih mengesankan. 

Para ahli menemukan jika anak-anak yang menyukai permainan petualangan di alam liar lebih rendah berisiko stres, masalah kecemasan dan depresi. Penelitian ini melibatkan 2.500 orangtua yang memiliki anak usia 5 - 11 tahun. Sebagian besar koresponden mengungkapkan jika anak mereka yang terbiasa bermain di alam liar seperti di halaman rumah atau lapangan sekitar justru tampak lebih bahagia. Anak-anak ini juga cenderung lebih ramah dan berperilaku sopan. 

Bermain Menunjang Tumbuh Kembang Anak yang Lebih Baik

Studi yang dipublikasikan di jurnal Child Psychiatry and Human Development menemukan jika aktivitas bermain bisa menunjang tumbuh kembang anak yang lebih baik ke depannya. Anak-anak yang memiliki kebebasan bermain di alam liar, bermain dengan teman-temannya dan bermain dengan tenang diketahui lebih rendah mengalami masalah dalam dirinya termasuk masalah kecemasan dan depresi. 

Aktivitas fisik selama permainan akan membantu anak memiliki pertumbuhan yang lebih baik. Ini juga membantu anak memiliki perkembangan otak yang lebih mengesankan karena beragam permainan secara tidak langsung melatih kecerdasan dan kreativitas anak. 

Ini memiliki dampak positif karena bermain itu gratis, naluriah, dan bermanfaat bagi anak-anak. Bermain tersedia untuk semua orang dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Kita sekarang sangat perlu berinvestasi dan melindungi ruang alami semisal taman di rumah dan taman bermain di ruang publik untuk mendukung kesehatan mental anak-anak kita.” Ungkap Helen Dodd, seorang Profesor Psikologi Anak di University of Exeter.

Itulah sekilas mengenai manfaat bermain di alam liar untuk anak. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Mom, berikan segala yang terbaik untuk buah hati termasuk berikan kesempatan anak untuk bermain di alam liar sekitar rumah selama itu aman dan nyaman buatnya. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading