Sukses

Parenting

Studi: Makanan Ini Dipercaya Bisa Menenangkan Anak Hiperaktif

Fimela.com, Jakarta Anak hiperaktif merupakan kondisi di mana anak sulit dikendalikan kerena memiliki keaktifan yang tidak biasa. Anak yang hiperaktif biasanya ditandai dengan tingkah lakunya yang tak bisa tenang, tak mau diam dan sulit konsentrasi. Beberapa anak-anak dengan kondisi ini juga sulit memahami perintah dari orang lain. Ia seolah memiliki dunianya sendiri saat bermain atau beraktivitas. 

Namun Mom, tidak semua anak yang berlarian ke sana ke mari, memiliki gerak aktif yang berlebih dan sulit diam bisa disebut hiperaktif. Beberapa anak memang aktif meski ia tidak masuk kategori anak yang hiperaktif. Mengutip dari laman she knows, makanan memiliki pengaruh besar terhadap perilaku anak terutama anak dengan kondisi hiperaktif.

Makanan Berpengaruh pada Anak Hiperaktif

Para ahli mengungkapkan jika makanan yang diberikan ke anak hiperaktif bisa memengaruhi perilakunya. Beberapa makanan dipercaya mampu membuat anak hiperaktif semakin aktif, semakin mudah marah dan semakin mudah rewel. 

Beberapa makanan olahan juga dipercaya bisa berpengaruh buruk pada perilaku anak. Dr Jennifer Greenfield dari Center for Chiropractic Wellness mengatakan orangtua harus beralih dari memberi makanan olahan ke makanan alami. "Makanan dengan warna dan pemanis buatan akan lebih mudah membuat sistem saraf anak hiperaktif menjadi terlalu aktif," kata Greenfield.

Sebaiknya, orangtua memberikan anak hiperaktif makanan yang kaya magnesium dan kalsium untuk menenangkannya. Apa saja kira-kira makanan tersebut? 

Makanan untuk Menenangkan Anak Hiperaktif

Ada beberapa makanan yang dikatakan mampu membuat anak jadi lebih tenang, lebih fokus dan lebih sehat buat anak hiperaktif. Beberapa makanan tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Yogurt rendah lemak adalah makanan pertama untuk menenangkan anak hiperaktif. Keju juga bermanfaat menenangkan anak hiperaktif dan membuatnya lebih fokus. Dengan catatan, pemberian makanan harus rendah gula. 
  2. Sebaiknya Mom memberikan potongan sayuran segar seperti wortel, seledri, paprika, brokoli atau kembang kol dengan saus rendah lemak untuk anak hiperaktif. Selain menenangkan, makanan ini bermanfaat baik untuk tumbuh kembang anak dan meningkatkan daya tahan tubuhnya. 
  3. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang almond, kacang tanah dan sejenisnya adalah camilan sehat dan bergizi untuk anak hiperaktif. Namun ingat, saat memberikan aneka kacang-kacangan ini selalu dampingi anak guna menghindari risiko anak tersedak. 
  4. Sereal sehat dengan susu rendah lemak bisa menjadi pilihan menu sarapan atau makan malam anak hiperaktif. Makanan ini tak hanya mengenyangkan tetapi juga menenangkan suasana hati anak. 
  5. Kerupuk gandum juga bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk anak hiperaktif. Sebaiknya sajikan menu makanan ini bersama saus buah alami yang rendah gula buatan. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya diberikan ke anak hiperaktif agar dirinya lebih tenang dan nyaman. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading