Sukses

Parenting

Psikolog Ungkap Manfaat Memasak Bersama Keluarga di Akhir Pekan

Fimela.com, Jakarta Setelah dua tahun beraktivitas hanya dilakukan di rumah, mulai dari sekolah hingga bekerja akibat Covid-19 dan memiliki banyak waktu bersama keluarga. Namun kini keadaan semakin lebih baik, rutinitas pun hampir kembali normal anak-anak mulai pergi ke sekolah dan orangtua bekerja. 

Jika biasanya berkumpul bersama keluarga begitu mudah, kini memasuki masa transisi membuat padatnya kesibukan dan rutinitas harian tersebut turut memberikan keterbatasan dalam menciptakan waktu berkualitas bersama keluarga apalagi ketiak weekday. Maka, satu-satunya kesempatan yang dapat dioptimalkan adalah dengan memanfaatkan akhir pekan. 

Vera Itabiliana selaku Psikolog Anak dan Keluarga Tiga Generasi menjelaskan bahwa keluarga merupakan sumber inspirasi dan kebahagiaan buah hati, sehingga waktu berkualitas bersama keluarga akan sangat mempengaruhi proses tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, pemanfaatan waktu di akhir pekan perlu dioptimalkan untuk membangun quality time bersama keluarga.

Quality time bersama keluarga penting untuk tumbuh kembang anak, bonding dengan orangtua, membangun karakter si kecil, hingga membuatnya percaya diri. Sebab keluarga adalah tempat berpijak dan bercerita untuk anak,” Vera dalam peluncuran KRAFT Quick Melt.

Ia mengatakan quality time bersama keluarga bukan hanya berkumpul bersama. Melainkan adanya kegiatan dan interaksi bersama bersama anggota keluarga.

“Jadi bukan hanya kumpul keluarga dan asik dengan kegiatan masing-masing. Melainkan harus ada aktivitas menyenangkan dan interaksi antar keluarga,” tambah Vera. 

Tak hanya untuk anak, quality time bersama keluarga juha dapat mencegah hingga mengurangi stres. Sebab, Vera mengatakan hormon oksitosin atau hormon cinta akan keluar ketika merasa nyaman bersama keluarga. Maka, waktu bersama keluarga harus diperjuangkan.

“Harus diperjuangkan, diadakan setiap weekend 2-3 jam untuk beraktivitas bersama keluarga,” paparnya.

Memasak di akhir pekan

Vera mengatakan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga tidak hanya liburan atau traveling. Melainkan bisa dilakukan dengan aktivitas yang mudah dan terjangkau seperti memasak.

“Banyak manfaat yang bisa diraih oleh seluruh anggota keluarga melalui kegiatan memasak bersama di akhir pekan, mulai dari membangun kedekatan, kemandirian, kemampuan kerjasama, percaya diri hingga kreativitas buah hati," jelas Vera

Selain itu, memasak juga dapat membangun interaksi bahkan memori si kecil akan aroma-aroma saat memasak bersama. Sayangnya, meski terkesan mudah, ternyata masih banyak Ibu yang merasa kurang percaya diri untuk melibatkan buah hati dalam kegiatan memasak bersama. Alasannya pun beragam, mulai dari bingung dengan menu yang itu-itu saja, anak merasa kurang antusias di dapur hingga takut gagal mencoba resep baru.

Untuk itu, Vera menyampaikan tips agar memasak lebih menyenangkan. Hal pertama yang bisa dilakukan ialah membuat jadwal kegiatan namun jangan memaksakan. Bicarakan dengan keluarga bagaimana agar menyenangkan.

"Gunakan hanya satu gadget jika diperlukan untuk lihat resep, gadget yang lain disingkirkan agar tidak menjadi distraksi," kata Vera.

Lalu, mulailah bagi tugas memasak dengan mengadakan rapat sederhana. Dari rapat tersebut, bisa menentukan menu apa yang akan dibuat. “Biasanya tiap anggota keluarga punya makanan favorit, nah hal ini bisa dijadikan menu masakan secara bergantian,” paparnya.

Pembagian tugas dengan anak terlibat untuk berkreasi dengan bahan makanan, bisa dengan membuat atau melipat adonan, mencetak bahan, maupun kegiatan lainnya yang tidak berbahaya bagi buah hati. Namun jangan banyak aturan hingga kritikan, biarkan untuk berkreasi.

Resep Cheese Ball Ala Kraft Quick Melt

Cheese Ball Ala Kraft Quick Melt menjadi menu yang bisa dibuat secara mudah dan praktis bersama keluarga. Berikut bahan dan cara membuatnya. 

Bahan:

Kraft Quickmelt 165gr

Tepung Panir 250gr

Telur 2 butir

Tepung Terigu Secukupnya

Cara membuat:

Bulat-bulatkan keju Kraft Quickmelt dengan ukuran 20gr.

Bulirkan kedalam terigu.

Celupkan ketelur lalu balur dengan tepung panir.

Goreng dengan api sedang hingga kecoklatan.

Sajikan.

Ayudia Bing Slamet selaku Mom Influencer menjelaskan bahwa walaupun terkadang merasa kurang percaya diri, biasanya ia selalu mencari cara agar buah hati mau terlibat dalam kegiatan memasak bersama.

“Kreasi anti gagal berbahan KRAFT Quick Melt ini bisa memudahkan Ibu-Ibu di rumah melakukan eksperimen masak bersama anak, apalagi kita bisa menerapkannya di masakan yang simpel hanya dengan bahan-bahan yang ada di rumah dan pastinya anti gagal. Pakai Kraft Quick Melt lelehnya sempurna, tidak seperti keju leleh lain,” jelas Ayudia.

Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Keju KRAFT menjelaskan, KRAFT Quick Melt hadir sebagai solusi simpel anti gagal untuk berkreasi dengan keju cepat leleh bertekstur sempurna untuk menjadikan kebersamaan keluarga di akhir pekan lebih bermakna.

“Konsumen di rumah bebas gunakan untuk aplikasi apa saja; di goreng, di kukus, di oven dalam 3 menit pun akan meleleh dengan sempurna. Sensasi lelehan kejunya itu yang membuat hidangan simpel menjadi lebih spesial untuk momen kebersamaan keluarga,” jelas Dian

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading