Sukses

Parenting

Tips Memilih Susu Formula yang Baik untuk Buah Hati

Fimela.com, Jakarta Susu formula menjadi salah satu sumber nutrisi yang dianggap mampu memberi berbagai manfaat mengesankan ke anak termasuk membuat anak menjadi lebih cerdas. Namun, apakah iya susu formula bisa mencerdaskan anak? 

Mengutip dari laman parents.com, meski susu formula digadang-gadang memiliki berbagai nutrisi penting untuk tubuh, susu formula bukanlah asupan nutrisi utama untuk anak. Susu formula juga bukan asupan nutrisi yang bisa dijadikan pengganti makanan hari-hari anak. Susu formula juga bukan pengganti ASI (Air Susu Ibu) pada anak yang masih berusia 0 - 1 tahun.

Nutrisi pada Susu Formula dan ASI

Meski susu formula dibuat menyerupai ASI, kandungan yang ada di dalam susu formula tidak sama persis dengan apa yang ada di dalam ASI. Para ahli mengungkapkan jika ASI tetap nutrisi terbaik untuk buah hati terutama untuk mereka yang masih berusia 0 hingga 1 tahun. 

Susu formula mungkin mengandung asam folat, protein, lemak, DHA, AHA, berbagai vitamin (B6, B12, A, dan C), zat besi, kalsium dan sejenisnya, tapi ini belum bisa mencukupi kebutuhan nutrisi anak setiap harinya. Para ahli menyarankan agar susu formula dijadikan sebagai nutrisi tambahan untuk anak disamping makanan utama mereka berupa makanan pokok, aneka sayur mayur, buah-buahan dan ikan serta daging. 

Pada anak yang masih berusia 0 - 6  bulan, Mom disarankan memberikan anak ASI eksklusif atau pure ASI. Pada usia 7 - 24 bulan, anak sebaiknya diberi makanan pendamping ASI (MPASI). Seiring bertambahnya usia anak, jika produksi ASI sudah tak selancar dulu, Mom boleh memberikan anak susu formula sebagai tambahan nutrisi untuknya. Tapi ingat, hindari memberikan susu formula saja ke anak. Mom pun harus pandai-pandai dalam memilih susu formula terbaik untuk anak. 

Tips Memilih Susu Formula Terbaik untuk Anak

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan saat memilih susu formula untuk anak. Hal tersebut antara lain sebagai berikut: 

  1. Mom memilih susu formula yang sesuai dengan usia anak. 
  2. Memberikan susu formula dengan rasa yang disukai oleh anak. 
  3. Ketahui kandungan nutrisi yang ada dalam susu formula. Sebaiknya Mom memilih susu dengan kandungan nutrisi antaranya asam lemak, asam folat, B12, B6, zat besi, kalsium, zinc, kolin, protein dan iodium. 
  4. Untuk anak usia 1 - 3 tahun, sebaiknya pilih susu yang mengandung prebiotik berupa PDX dan GOS. Kandungan prebiotik ini bermanfaat mencegah masalah pencernaan pada anak. 
  5. Pilih juga susu formula yang difortifikasi dengan beta glucan. Kenapa? Karena ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak dan mencegah anak dari infeksi penyakit.
  6. Pilih susu formula dengan kemasan yang masih baik. Perhatikan juga tanggal kadaluwarsa susu. Hindari memilih susu dengan kemasan yang rusak dan telah jatuh tanggal kadaluwarsa. 

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih susu untuk anak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading