Sukses

Parenting

Haruskah MPASI Diberikan Saat Bayi Tepat Berusia 6 Bulan? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia bayi, asupan berupa ASI (Air Susu Ibu) saja tentu tidak cukup untuk memehuni kebutuhan nutrisinya. Dari panduan di Buku Kesehatan Ibu dan Anak, pemberian ASI eksklusif bisa diberikan ke bayi dari usia 0 - 6 bulan. Setelah bayi berusia 6 bulan, disarankan agar ia diberi MPASI atau makanan pendamping ASI. 

Namun, apakah memberi MPASI ke bayi harus menunggu bayi berusia 6 bulan? Bagaimana jika MPASI diberikan sebelum bayi berusia 6 bulan atau bahkan setelahnya?

Aturan Pemberian MPASI ke Bayi

Mengutip dari laman unicef.org, pemberian MPASI paling tepat diberikan saat bayi berusia 6 bulan. Pemberian ASI kurang dari usia 6 bulan dikhawatirkan bisa membahayakan bayi karena di usia ini sistem pencernaan bayi belum tumbuh dan berkembang secara baik. Sementara itu, untuk bayi berusia lebih dari enam namun belum diberikan MPASI, ini dikhawatirkan kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya tidak terpenuhi dengan baik. 

Bayi yang telah berusia 6 bulan dan sudah menunjukkan kesiapan makan namun belum diberi MPASI dikatakan rentan terhadap berbagai masalah kesehatan terutama untuk masalah tumbuh kembangnya. Anak yang terlambat diberi MPASI bisa saja berisiko gagal tumbuh, rentan terserang penyakit, mengalami kekurangan zat mikro dan mengalami kegagalan perkembangan.

Bagaimana Jika Usia Kurang 6 Bulan Bayi Sudah Siap Makan?

Para ahli mengungkapkan jika saat bayi berusia 4 - 6 bulan, sebagian sudah menunjukkan kesiapan makan. Kesiapan tersebut ditandai dengan bayi menunjukkan keinginannya makan, kemampuan menghisap, mengunyah dan menelan baik serta mengigit yang tak kalah baik. 

Jika di usia 4 - 6 bulan anak sudah menunjukkan kesiapan makan, tak ada salahnya bagi Mom untuk mengenalkan makanan ke bayi. Namun dengan catatan, makanan yang diberikan adalah makanan dengan tekstur lembut, makanan yang tidak berisiko menyebabkan alergi dan rendah gula serta rendah garam. MPASI yang sebaiknya diberikan ke bayi adalah MPASI harus memenuhi kebutuhan zat gizi makro maupun zat gizi mikro bayi. Seperti zat besi, seng, dan vitamin A serta beberapa vitamin penting lainnya. 

Itulah sedikit ulasan mengenai MPASI bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Loading