Sukses

Parenting

10 Makanan Sehat dan Praktis untuk MPASI Bayi 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Saat bayi telah mencapai usia 6 bulan, Mom penting memberikannya makanan pendamping ASI atau MPASI. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, konsumsi Air Susu Ibu (ASI) saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi hariannya. Ia penting diberikan MPASI yang tak hanya enak dan praktis tapi juga menyehatkan. 

Bicara mengenai MPASI yang sehat dan praktis untuk bayi, kali ini Fimela memiliki beberapa daftar makanan sehat dan praktis yang bisa diberikan sebagai menu MPASI. Menu MPASI ini bisa diberikan sebagai menu harian buah hati khususnya untuk mereka yang telah berusia 1 tahun. Apa saja makanannya? Simak yang berikut ini.

Pisang

Makanan pertama yang disarankan untuk menu MPASI harian adalah pisang. Pisang merupakan makanan yang bisa diberikan secara langsung ke bayi dan memiliki tekstur yang lembut. Pisang mengandung berbagai nutrisi terbaik untuk menunjang tumbuh kembang bayi. 

Alpukat

Makanan selanjutnya ada buah alpukat. Sama dengan buah pisang, buah alpukat juga bisa diberikan secara langsung ke bayi sebagai MPASI. Alpukat kaya akan asam folat dan berbagai nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Susu dan Olahannya

Susu dan olahannya seperti yogurt juga merupakan makanan yang baik diberikan sebagai MPASI untuk bayi 1 tahun ke atas. Namun Mom, saat memberikan susu ke buah hati sebaiknya hati-hati dan pantau dengan baik. Tidak jarang bayi mengalami alergi terhadap susu beserta olahannya.

Telur

Telur sebaiknya diperkenalkan sebagai MPASI saat usia bayi 1 tahun atau kurang. Telur yang diperkenalkan sejak awal akan mencegah risiko alergi pada bayi. Telur adalah makanan yang kaya nutrisi dan gizi.

Labu

Labu adalah menu MPASI terbaik selanjutnya yang bisa diberikan ke bayi 1 tahun. Labu bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat dengan tekstur yang sesuai dengan lidah buah hati. Labu juga termasuk makanan yang mengandung pemanis alami sehingga lebih sehat. 

Ubi Jalar

Makanan yang sebaiknya diberikan ke bayi 1 tahun sebagai MPASI adalah ubi jalar. Mom cukup mengukus atau merebus ubi jalar dan berikan ke bayi. Ubi jalar juga disarankan untuk digunakan sebagai MPASI sejak bayi berusia 7 bulan. 

Daging

Makanan selanjutnya yang sebaiknya digunakan sebagai MPASI adalah daging. Saat memberikan daging ini sebaiknya berupa daging yang telah dihaluskan atau daging cincang.

Ikan

Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon dan tuna sebaiknya juga diberikan ke bayi 1 tahun sebagai menu MPASI. Ikan kaya akan berbagai nutrisi yang menunjang tumbuh kembang bayi.

Brokoli

Penelitian menemukan jika brokoli adalah super food yang sangat baik buat kesehatan. Brokoli juga sangat baik untuk menunjang kecerdasan buah hati. Brokoli bisa diolah menjadi berbagai masakan baik dengan cara direbus, dikukus, ditumis dan digoreng.

Kacang-Kacangan

Makanan selanjutnya yang bisa digunakan untuk MPASI adalah kacang-kacangan. Sama dengan pemberian telur, pemberian kacang-kacangan sejak buah hati usia dini juga bermanfaat mencegah alergi. Sebaiknya kacang-kacangan yang diberikan sebagai menu MPASI adalah kacang yang telah dihaluskan. Pemberian kacang utuh sangat tidak direkomendasikan karena bisa meningkatkan risiko bayi tersedak. 

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa digunakan untuk menu MPASI bayi 1 tahun. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Loading