Sukses

Parenting

5 Ide Permainan Sederhana agar Anak Aktif Bergerak di Rumah

Fimela.com, Jakarta Ada sebagian anak yang lebih memilih menghabiskan waktu untuk bermain ponsel atau menonton televisi. Padahal bermain di luar dan bergerak adalah aktivitas yang sangat penting untuk anak. karena kegiatan tersebut bisa menunjang kesehatan serta tumbuh kembangnya.

Tenang saja jika bunda kerap kali kebingungan hendak mengajak anak beraktivitas seperti apa. Berikut terdapat beberapa ide permainan untuk anak yang bisa kamu lakukan di rumah di antaranya adalah:

1. Jalan dan tangkap

kamu bisa mengajak anak melempar balon berbentuk bola atau bola kecil yang tinggi. Kemudian, tantang ia agar bisa menangkap bola tersebut atau juga bisa mengakalinya dengan memberi tantangan yang lain.

2. Jalan berwarna

Permainan selanjutnya adalah jalan berwarna. Caranya dengan menebarkan kertas lipas beraneka warna di atas karpet yang empuk. Agar kertas tidak mudah pindah tempat, kamu bisa menggunakan double tape sebagai perekat.

Setelah selesai, kamu bisa memberi tantangan dengan mengajak anak berjalan di atas kertas warna tertentu saja sesuai arahan. Misalnya, coba berjalan di atas kertas berwarna merah saja atau yang lainnya. Agar tidak bosan, atur panjang pendek kertas agar anak juga bisa melompat untuk mencapainya.

Selain beraktivitas fisik, permainan ini bisa mengajarkan anak tentang macam-macam warna.

3. Voli balon

Ajaklah anak bermain voli menggunakan balon. Cukup kamu dengan si kecil saja dan ajarkan mereka bagaimana menangkap dan memukul balon. Boleh bermain seperti saat bertanding bola voli sebenarnya, pemain yang mampu memukul 21 kali tanpa jatuh maka akan mendapatkan 1 skor lebih tinggi.

4. Mengumpulkan permainan

Ketika mainan anak sedang acak-acakan, ajaklah anak untuk mengumpulkan mainan tersebut dalam satuan waktu. Nah, hal tersebut juga bisa melatih kecepatan dan ketangkasan anak. Kamu juga bisa memberikan tantangan dengan mengharuskan anak menata mainan serapi mungkin.

5. Berjalan-jalan di samping rumah

Hal ini bisa dikatakan permainan atau bukan. Kamu bisa mengajak anak berjalan-jalan di taman samping rumah. Tantangannya ialah barang siapa yang lebih dulu mencapai tujuan tertentu maka akan menjadi pemenangnya.

Misalnya, di taman tersebut terdapat kumpulan bunga, maka buatlah permainan barang siapa yang berjalan dan sampai lebih dulu di bunga tersebut, ialah pemenangnya.

Demikianlah beberapa permainan sederhana agar anak aktif bergerak yang bisa kamu jadikan referensi untuk sang buah hati. Semoga bermanfaat!

 Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading