Sukses

Parenting

5 Tips Sederhana Bantu Atasi Stres pada Anak Sekolah

Fimela.com, Jakarta Anak-anak jaman sekarang memiliki jam sekolah lebih lama. Baik dari ekskul tambahan, hingga les. Apalagi tugasnya lebih banyak dengan bahan bacaan lebih banyak lagi. Sebagai orang tua pastinya pernah merasa kasihan pada anak. Namun, hal tersebut merupakan jalan untuk masa depannya.

Ternyata tidak sedikit anak yang stres akibat sekolah. Sebuah studi dari American menunjukkan bahwa terlalu banyak sekolah dan pekerjaan rumah serta kurangnya waktu bermain bisa menjadi bumerang. Anak-anak bisa menunjukkan tanda-tanda stres karenanya.

Agar tidak berlanjut semakin parah, ada baiknya untuk diatasi sesegera mungkin. Beberapa tips sederhana ini bisa dilakukan orang tua, yaitu:

1. Peka terhadap kondisi anak

Orang tua harus selalu peka dan teliti dengan kondisi anak. Apabila anak menunjukkan tanda-tanda yang mengarah pada stres, seperti pemurung, sangat lelah, gelisah, mudah marah, dan emosi lainnya. Ada baiknya segera komunikasikan dengan anak secara langsung.

Beberapa gejala stres juga bisa ditunjukkan oleh keluhan fisik, yaitu sering sakit perut, mual, dan sakit kepala.

2. Bantu memeriksa PR anak

Banyak anak yang merasa cemas dengan PR mereka. Karenanya, sebagai orang tua bisa membantu mereka dengan memeriksa PR dan membantu mengajarkannya. Tapi juga jangan sampai kamu sebagai orang tua yang mengerjakan tugas anak, biarkan mereka mandiri. Kamu hanya perlu mengawasi.

3. Bantu anak memiliki waktu tidur yang cukup

Tidur adalah kegiatan untuk mengisi tenaga dan berguna bagi tubuh serta pikiran anak-anak. Anak yang memiliki waktu tidur buruk bisa mengundang penyakit, apalagi bagi anak kecil. Oleh karena itu, batasi mereka untuk melihat layar ponsel, televisi, dan sejenisnya. Apalagi di saat menjelang tidur.

4. Ajak anak olahraga

Ajaklah anak untuk melakukan kegiatan di luar rumah, intinya imbangi mereka dengan aktivitas bergerak, seperti olahraga. Seperti yang kita tahu, saat tubuh aktif berolahraga maka tubuh akan mengeluarkan hormon bahagia.

5. Pertimbangkan jumlah kegiatan anak

Anak-anak yang memiliki kegiatan sangat padat bisa menjadi sumber stres bagi mereka. Seperti kegiatan ekskul, les akademis, hingga les non akademis yang terus menerus. Kamu bisa memberikan mereka kegiatan yang paling penting sesuai usianya.

Diskusikan dengan anak apa yang akan dikurangi dan diganti dengan waktu berikutnya. Serta kegiatan apa yang akan dipertahankan.

Nah, itu dia beberapa tips sederhana untuk mengatasi stres pada anak sekolah. Pastikan kamu memberikan perhatian maksimal pada si buah hati ya. Semoga bermanfaat!

 Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading