Sukses

Parenting

Kapan Bayi Boleh Mulai Mandi dengan Air Dingin? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Mandi dengan air dingin memberi banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Mandi dengan air dingin juga bagus untuk kulit dan bikin tubuh terasa lebih segar serta bugar. Namun, meski mandi air dingin memiliki banyak manfaat, apakah hal ini juga baik untuk bayi? Bolehkah bayi mandi dengan air dingin? Bagaimana dengan tanggapan yang menyatakan mandi air dingin bisa membuat bayi pilek, kedinginan bahkan masuk angin? 

Mengutip dari laman theasianparent.com, mandi dengan air dingin sebenarnya boleh-boleh saja untuk bayi. Hanya saja Mom penting mengetahui kapan bayi boleh mulai mandi dengan air dingin. Ketika usia bayi masih terlalu dini, akan kasihan jika ia harus mandi dengan air dingin. Beberapa hari atau bulan sejak kelahirannya, bayi sebaiknya mandi dengan air hangat. Setelah itu, perlahan-lahan seiring bertambahnya usia bayi Mom bisa mulai memperkenalkan air dingin ke bayi.

Usia Ideal Anak Diperkenalkan Air Dingin

Pada usia anak-anak dokter menyarankan agar anak dilatih mandi dengan air dingin. Ini demi meningkatkan daya tahan tubuhnya dan membuatnya lebih tahan terhadap lingkungan. Para ahli tidak menentukan waktu khusus kapan anak bisa dikenalkan dengan air dingin. Karena ini juga tergantung pada suhu lingkungan setempat di mana anak tinggal. 

Meski begitu, para ahli mengklaim jika idealnya anak sudah bisa mulai diperkenalkan dengan air dingin saat usianya mencapai enam bulan. Pada usia enam bulan, bayi dikatakan telah memiliki fisik yang lebih kuat dan jauh lebih sempurna. Pada usia ini anak juga sudah seharusnya diperkenalkan dengan asupan nutrisi selain ASI yakni makanan pendamping ASI (MPASI).

Bolehkah Bayi Bawah Enam Bulan Mandi Air Dingin?

Ada beberapa syarat khusus yang penting diketahui orang tua ketika ingin memandikan anak usia di bawah enam bulan dengan air dingin. Syarat tersebut antara lain adalah suhu lingkungan yang tidak terlalu dingin atau suhu lingkungan yang panas, anak lahir dengan kondisi normal tak kurang satu apapun termasuk tak mengalami komplikasi apapun, bayi dalam keadaan sehat dengan berat badan tidak kurang dari 2,5 kg, bayi memiliki fisik yang sehat dan tidak memiliki risiko alergi dingin atau hal lain yang menyebabkan ia hipotermia. 

Mandi air dingin pada bayi faktanya memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat terbaiknya adalah membantu memproduksi sel darah putih dalam tubuh sehingga bayi memungkinkan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Mandi dengan air dingin juga membantu anak lebih aktif, energik serta sehat secara fisik. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading