Sukses

Parenting

Tips Memandikan Bayi dengan Air Dingin yang Penting Diketahui

Fimela.com, Jakarta Tak hanya bermanfaat pada orang dewasa, mandi air dingin nyatanya juga memiliki segudang manfaat untuk bayi. Penelitian menemukan jika  bayi yang terbiasa mandi dengan air dingin berpotensi memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dari bayi yang terbiasa mandi dengan air hangat. 

Mengutip dari laman theasianparent.com, mandi dengan air dingin juga bisa membantu bayi terhindar dari berbagai penyakit. Ia juga lebih mungkin memiliki fisik yang lebih kuat dan tahan terhadap lingkungan. Meski mandi air dingin bermanfaat untuk bayi, para ahli menyarankan agar orang tua mempertimbangkan banyak hal sebelum mengenalkan bayi dengan air dingin. Idealnya, bayi mulai mandi dengan air dingin setelah usianya mencapai enam bulan atau lebih.

Tips Bayi Nyaman Saat Mandi Air Dingin

Kenyamanan bayi saat mandi perlu diperhatikan oleh orang tua. Ini agar bayi merasa lebih bahagia saat mandi, aman dan terhindar dari risiko hipotermia atau risiko berbahaya lainnya. Dalam memandikan bayi dengan air dingin, Mom juga harus mengetahui beberapa tipsnya demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan termasuk hipotermia. Berikut beberapa tips memandikan bayi dengan air dingin. 

  1. Pastikan bayi lahir normal tak kurang suatu apapun dan tidak mengalami komplikasi yang mengancam tumbuh kembangnya. 
  2. Bayi berusia di atas dua bulan atau sebaiknya di atas enam bulan. 
  3. Berat badan bayi tidak kurang dari 2,5 kg. 
  4. Tempat mandi bayi memiliki suhu yang tidak terlalu dingin dan berangin. 
  5. Hindari langsung memandikan bayi dengan air dingin. Sebaiknya perkenalkan bayi dengan air dingin secara bertahan dimulai dengan mandi air hangat kemudian ditambah sedikit demi sedikit air dingin pada bak mandi bayi.
  6. Hindari memandikan bayi lebih dari 10 menit. Meskipun bayi suka mandi dan bermain air, Mom penting untuk membatasi waktu mandinya. 
  7. Segera keringkan tubuh bayi dengan handuk kering dan bersih. 
  8. Oles tubuh bayi dengan minyak penghangat atau minyak telon agar bayi lebih aman dan terhindar dari risiko kedinginan. Usahakan untuk segera memakaikan baju ke bayi. 

Itulah beberapa tips memandikan bayi memakai air dingin yang tak hanya menyehatkan tetapi juga aman untuk bayi. Semoga tips ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Loading