Sukses

Parenting

Agar Anak Aktif Bergerak, Intip Berbagai Game Seru untuk Melatih Kemampuan Motorik Anak

Fimela.com, Jakarta Sebagai orang tua, mendidik serta memperhatikan tumbuh kembang anak merupakan suatu hal yang diprioritaskan. Salah satu perkembangan anak yang harus diperhatikan adalah perkembangan motorik pada anak. Melatih keterampilan motorik anak salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan atau permainan yang memerlukan pergerakan otot. Namun di era digital sekarang ini, game online sudah mengambil alih peran game tradisional. 

Perkembangan teknologi membuat anak zaman sekarang lebih suka bermain gadget sehingga keterampilan motorik anak pun menjadi berkurang. Mengutip dari internationalschooladvisor.com, gerakan merupakan kunci dari perkembangan sosial-emosional anak. Maka dari itu, keterampilan motorik harus selalu dilatih sejak usia anak masih belia. 

Keterampilan motorik anak dibagi mejadi dua kategori yaitu keterampilan motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar merupakan kegiatan yang memerlukan kontrol otot besar. Sedangkan motorik halus merupakan kegiatan yang memerlukan kontrol otot kecil. Untuk melatih keterampilan motorik kasar dan halus pada anak, dapat dilakukan dengan game seru dan asyik. Merangkum dari berbagai sumber, berikut game seru untuk melatih keterampilan motorik anak.

Game Indoor untuk Melatih Motorik Kasar

Keterampilan motorik kasar penting bagi perkembangan anak karena hal ini diperlukan untuk kegiatan sehari-hari, seperti naik ke tempat tidur, memanjat di taman bermain, atau berlarian dengan teman-temannya. Melansir dari verywellfamily.com, berikut merupakan game untuk melatih keterampilan motorik kasar anak yang bisa dilakukan di rumah:

1. Membangung dan Menavigasi: Game ini dapat dimainkan dengan menciptakan rintangan-rintangan menggunakan furnitur rumah seperti bantal, kardus, dan selimut.

2. Menari: Ajak anak untuk menari bebas atau dengan mengikuti tarian pada lagu seperti lagu "Heads, Shoulders, Knees, and Toes".

3. Melompat: Melompat bisa menjadi game yang menyenangkan dengan menggunakan tali atau selotip untuk membuat target lompatan dari satu tempat ke tempat lain di lantai.

4. Bermain Role-playingKeterampilan motorik anak akan meningkat ketika anak menggunakan tubuh mereka untuk bermain berpura-pura menjadi bebek yang terhuyung-huyung, robot dengan kaki yang kaku, kuda yang berlari kencang, pesawat terbang, atau apapun yang ada di imajinasi anak.

5. Bermain Dorongan: Game yang satu ini dapat dilakukan dengan menggunakan kereta dorong boneka atau troli belanja mini untuk membantu mengembangkan kekuatan dan koordinasi tubuh bagian atas anak.

Game Outdoor Untuk Melatih Motorik Kasar

Selain game indoor, anak juga bisa diajak untuk melakukan game outdoor karena akan lebih memiliki ruangan yang lebih luas untuk melatih ototnya. Berikut game outdoor yang dapat dilakukan untuk melatih keterampilan motorik kasar anak:

1. Memanjat: Bangun berbagai rintangan dengan menggunakan batu, kayu, ataupun benda yang ada di taman bermain agar anak bisa bermain panjat.

2. Riding: Dorong anak untuk bermain dengan menggunakan sekuter, sepeda, ataupun mainan lainnya yang dapat ditunggangi.

3. Berenang: Kebanyakan anak sangat menyukai segala jenis permainan air, dengan mengajak anak berenang itu akan melatih otot besarnya dan mengembangkan keterampilan motorik kasarnya.

4. Bermain lempar tangkap: Sediakan bola besar, ringan, dan lembut untuk dimainkan oleh anak dengan cara melempar, menangkap, menendang, dan berguling.

5. Bermain bola: Bermain bola disini bukan berarti anak diharuskan untuk bermain secara sungguh-sungguh. Biarkan anak menikmati menendang bola dan mengarahkannya ke gawang atau kotak besar.

6. Lompat Sungai: Sediakan dua tali atau gambar dua garis menggunakan kapur sebagai sungai dan minta anak untuk melompatinya. Cobalah mengatur tali atau gambar tersebut menjadi lebih lebar di beberapa bagian untuk meningkatkan tantangan bagi anak.

Game untuk Melatih Keterampilan Motorik Halus

Keterampilan motorik halus mempengaruhi kualitas serta kecepatan anak dalam melakukan tugas sehari hari seperti menggunakan pensil, gunting, mengancingkan baju, dan membuka kotak makan siang. Melansir dari childdevelopment.com, berikut merupakan game yang bisa melatih keterampilan motorik halus anak:

1. Kemampuan Akademik

Kemampuan memegang pensil dapat dilatih dengan kegiatan menggambar, mencoret-coret buku, mewarnai, dan menulis. Anak-anak juga dapat bermain dengan memotong kertas menggunakan gunting untuk melatih keterampilan motorik halusnya.

2. Bermain

Untuk melatih keterampilan motorik halus anak, dapat dengan mengajak anak bermain game susun seperti lego, puzzle, dan menyusun rel kereta mainan. Selain itu, anak juga dapat bermain dengan menghias atau mendandani boneka kesayangannya. Bermain dengan mouse komputer dan stylus juga dapat meningkatkan kemampuan motorik anak.

3. Self Care

Ajarkan anak untuk mengikat tali sepatu, mengancingi baju, dan memakai sabuknya sendiri. Anak juga harus dilatih untuk menggunakan alat makan, menyikat gigi, serta menyisir rambutnya sendiri. Melakukan hal ini dapat melatih otot kecil anak sehinggal keterampilan motorik halus pun meningkat.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading