Sukses

Parenting

5 Tips Mendampingi Anak saat Belajar Ujian

Fimela.com, Jakarta Dalam mempersiapkan ujian anak, perlu kerja sama dari orang tua juga, loh. Anak perlu bimbingan dan dukungan penuh dari orang tuanya. Bingung, apa yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam menyongsong ujian anak? Jangan tegang dan jangan stres ya, nanti malah makin ambyar.

Sahabat Fimela, berikut ini tips bagi orang tua yang sedang mendampingi anak saat ujian di sekolah. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Cek Dulu Jadwal Ujian Anak

Kalau di satu hari ada dua ulangan, jangan panik. Ini bisa disiasati dengan menyicil belajar beberapa hari sebelumnya. Jangan belajar mata pelajaran yang berbeda di hari-hari terakhir sebelum ujian ya, bisa-bisa anak terbebani dan tidak ada materi yang masuk ke kepala.

2. Cari Cara Belajar yang Paling Sesuai dengan Anak

Cara belajar anak ada tiga, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Kalau cara belajar anak visual, mereka lebih mudah memahami materi lewat media belajar tulisan dan gambar. Itu karena anak punya kemampuan untuk menangkap gambar dan menghapal tulisan di otaknya.

Kalau cara belajar anak auditori, maka anak lebih mudah menghapal materi pelajaran melalui verbal. Anak biasanya belajar sambil mengoceh sendiri. Orang tua bisa main tebak-tebakan soal secara lisan bersama anak, sambil mengetes hapal tidaknya anak dengan materi pelajaran.

Terakhir, kalau cara belajarnya kinestetik, berarti anak lebih mudah belajarnya jika sambil menulis atau berjalan. Harus sambil bergerak dan ada aktifitas yang dilakukan selama belajar. Nah, cara belajar ini harus dicoba dulu semua satu-satu supaya tahu mana yang paling cocok buat anak.

3. Buat Rangkuman dan Latihan Soal

Sewaktu anak sedang di sekolah, di rumah orang tua bisa menyicil membuat rangkuman dan latihan soal untuk anak belajar nanti. Selain jadi mempermudah anak untuk belajar, kalau kita buatnya nyicil juga bisa memaksimalkan waktu belajar, lho. Tidak ada waktu yang terbuang, dan anak tidak akan kuwalahan belajar. Harus pelan-pelan ya, Mom.

4. Cicil Belajar Ujian Setiap Hari

Walaupun hari itu sedang tidak ada ulangan, biasakan untuk belajar maksimal satu jam. Kalau tidak belajar serius tidak apa-apa, sekedar mengulang pelajaran di sekolah juga tidak masalah kok. Supaya pelajaran yang sudah diterima anak hari ini di sekolah tidak terlupakan begitu aja.

5. Paling Penting: Cukup Istirahat

Jangan sampai saking semangatnya mendampingi dan mengajari anak, baru sampai rumah sepulang sekolah anak langsung diajak belajar. Bisa-bisa nanti anak kelelahan dan tertekan. Istirahat dulu dan tentukan waktu yang sudah disepakati bersama untuk mulai belajar, ya.

Semangat ya, Mom. Pasti ada yang capek, ada juga yang semangat, atau mungkin ada yang gak sabar ujian anak cepat selesai. Yang terpenting, kita sebagai orang tua sudah melakukan yang terbaik untuk anak dan anak juga sudah melakukan yang terbaik.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading