Sukses

Parenting

Waspada Mom, Ini 3 Penyakit Paling Sering Menyerang Anak Saat Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Saat ini curah hujan di Indonesia bisa dibilang sedang tinggi. Dan ini diprediksi masih akan berlangsung lebih lama lagi ke depannya. Ketika memasuki musim hujan seperti sekarang ini, penting bagi orang tua untuk menjaga kesehatan keluarga dengan sebaik mungkin. Penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa buah hati mendapatkan nutrisi cukup setiap harinya dan menjaga kebersihan serta kesehatannya semaksimal mungkin. 

Meski orang tua sudah berusaha menjaga kesehatan keluarga terutama anak-anak sebaik mungkin, anak-anak masih rentan terhadap berbagai penyakit. Mengutip dari laman parenting.firstcry.com, ada beberapa penyakit yang paling rentan menyerang anak-anak saat musim hujan. Berikut beberapa penyakit yang sering menyerang anak saat musim hujan. 

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Ini merupakan penyakit yang sering menyerang anak di musim hujan. Demam Berdarah Dengue ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Demam berdarah sampai saat ini masih menjadi salah satu penyakit paling sering menyerang anak pun orang dewasa di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Gejala umum dari DBD adalah demam tinggi, nyeri perut, mual dan muntah.

Batuk dan Pilek (Flu)

Batuk dan pilek juga menjadi penyakit yang paling sering menyerang anak-anak di musim anak. Batuk dan pilek atau flu juga menjadi salah satu penyakit yang paling mudah menular terutama pada anak-anak dengan daya tahan tubuh yang cukup lemah. Flu gejala umum dari flu adalah demam, batuk, pilek, pusing, nyeri tenggorokan hingga nyeri otot.

Demam Tifoid

Demam tifoid sering juga dikenal sebagai penyakit tifus (tipes). Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi yang ditularkan lewat makanan. Saat musim hujan tiba dan anak sering mengonsumsi makanan yang kurang higienis, ini bisa meningkatkan risiko tipes padanya. Terlebih jika anak memiliki daya tahan tubuh yang cukup lemah. Gejala dari tipes umumnya demam, nyeri perut, penurunan nafsu makan, nyeri sendi dan sakit tenggorokan. 

Itulah beberapa penyakit yang sering menyerang anak-anak saat musim hujan tiba. Semloga informasi ini bermanfaat dan semoga sebagai orang tua kita lebih waspada dalam menjaga kesehatan keluarga terutama kesehatan anak-anak.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading