Sukses

Parenting

Tips Mencegah Batuk dan Pilek pada Anak yang Penting Diketahui

Fimela.com, Jakarta Batuk dan pilek merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satu faktor utama dari batuk pilek adalah cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. 

Mengenai batuk pilek, ini merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri atau virus dan bisa sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, batuk pilek yang dibiarkan saja akan membuat masalah kesehatan ini semakin parah dan memungkinkan menyebabkan risiko penyakit lain yang cukup berbahaya.

Bagaimana Mengatasi Batuk Pilek pada Anak?

Ada banyak obat batuk pilek yang beredar di pasaran bisa mengobati batuk pilek secara tepat dan cepat. Meski begitu, dengan semakin maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak termasuk di Indonesia, WHO memperingatkan orang tua untuk lebih hati-hati dalam memilih obat batuk. IDI pun menyarankan orang tua lebih waspada dalam memberikan obat ke anak. 

Agar batuk pilek pada anak bisa mereda, Mom sebenarnya bisa memberikan beberapa obat alami atau obat herbal ke anak. Mom juga harus memastikan bahwa anak memiliki waktu istirahat cukup, konsumsi air putih cukup dan berada dalam kondisi tubuh yang senantiasa nyaman meski kurang enak badan. Selain itu Mom juga harus berusaha semaksimal mungkin agar anak terhindar dari risiko batuk pilek. 

Tips Mencegah Batuk Pilek pada Anak

Mencegah batuk dan pilek bisa dikatakan jauh lebih mudah daripada mengobati. Berikut beberapa tips untuk mencegah batuk dan pilek pada anak. 

  • Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit terutama sakit batuk pilek. Para ahli mengungkapkan jika batuk pilek merupakan penyakit yang sangat cepat menular. 
  • Pastikan buah hati terhidrasi dengan baik setiap harinya. 
  • Cukupi kebutuhan nutrisi anak agar daya tahan tubuhnya maksimal. Daya tahan tubuh yang menurun karena kekurangan nutrisi memudahkan ia tertular batuk dan pilek dari sekitar. 
  • Biasakan anak untuk mencuci tangan memakai sabun setiap kali selesai beraktivitas. 
  • Jaga kebersihan lingkungan terutama rumah dan tempat tidur anak, peralatan makan serta makanannya dan benda-benda yang sering dipegang anak. 
  • Tutup mulut dan hidung saat batuk maupun bersin. 
  • Jika batuk pada anak disebabkan oleh alergi, cari tahu dengan pasti apa yang menyebabkan alergi tersebut. Hindarkan anak dari benda-benda yang membuatnya rentan alergi. 

Itulah sekilas mengenai batuk pilek anak dan cara mencegahnya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading