Sukses

Parenting

10 Tips Menjaga Kesehatan Bayi di Saat Cuaca Tidak Menentu

Fimela.com, Jakarta Cuaca yang tak menentu sering kali membuat daya tahan tubuh menurun. Alhasil, tubuh pun akan lebih rentan sakit atau mengalami berbagai masalah kesehatan. Cuaca yang tak menentu di mana hujan bisa turun selama seharian atau panas terik seolah membakar kulit, sangat rentan untuk semua orang terlebih bayi. 

Penting bagi setiap orang tua untuk menjaga kesehatan bayi dengan lebih maksimal saat cuaca tak menentu. Hal ini mengingat bahwa bayi masih sangat rentan karena sistem metabolisme dalam tubuhnya belum terbentuk secara sempurna. Mengutip dari laman parentcircle.com, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuuk menjaga kesehatan bayi saat cuaca tak menentu termasuk saat musim hujan tiba. Seperti apa tipsnya?

Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Ada beberapa tips yang penting untuk dilakukan orang tua terutama Mom untuk menjaga kesehatan bayi. Berikut beberapa tips tersebut: 

  1. Pastikan bayi tetap bersih dan kering. Buat bayi merasa senyaman mungkin. Badan dan tempat tidur yang bersih serta kering akan membuat bayi merasa lebih tenang dan sehat. 
  2. Berikan pakaian yang nyaman. Saat cuaca sedang dingin, pastikan untuk memberikan pakaian hangat untuknya. Sedangkan saat cuaca panas, berikan pakaian yang dingin dan nyaman untuknya. 
  3. Jauhkan bayi dari orang yang sedang sakit terutama sakit yang mudah menular seperti batuk dan pilek. 
  4. Beri perlindungan terbaik dan hindarkan bayi dari gigitan nyamuk. Pasang kelambu untuk melindungi bayi darir gigitan nyamuk. Hindari memakai obat nyamuk pada bayi karena ini dikhawatirkan justru menganggu kesehatan bayi. 
  5. Hindarkan bayi dari tempat-tempat yang ramai dan berdesak-desakkan. Tempat yang terlalu ramai bisa sangat berisiko untuk bayi. 
  6. Pastikan jika Mom sering cuci tangan sebelum mengajak bayi atau buah hati. Tak hanya bayi yang sebaiknya dijaga kebersihannya tetapi Mom dan orang-orang di sekitar bayi juga penting untuk menjaga kebersihan dengan baik. 
  7. Beri ASI (Air Susu Ibu) cukup setiap hari untuk bayi jika bayi masih menyusui. Jika bayi sudah mendapat MPASI, berikan juga MPASI atau makanan yang bernutrisi tinggi padanya dalam porsi tepat setiap harinya. 
  8. Cuci buah, sayur dan bahan makanan lain yang hendak diberikan ke bayi sebelum dimakan atau dimasak. Pastikan juga jika alat makan bayi bersih.
  9. Jaga kebersihan rumah dan lingkungan. Kebersihan sekitar tempat tinggal sangat berperan penting untuk kesehatan bayi dan anggota keluarga lainnya. 
  10. Jauhkan bayi dari paparan asap rokok. Asap rokok dari orang sekitar memiliki dampak yang begitu negatif untuk tumbuh kembang bayi ke depannya. 

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan bayi agar kesehatannya tetap maksimal di cuaca yang tak menentu. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading