Sukses

Parenting

12 Makanan yang Sebaiknya Tidak Diberikan ke Anak Usia Bawah 3 Tahun

Fimela.com, Jakarta Pada dasarnya setiap makanan mengandung nutrisi tertentu yang baik untuk menunjang tumbuh kembang anak. Meski begitu Mom, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan ke anak terutama untuk anak-anak yang berusia di bawah 3 tahun. Kenapa makanan ini tidak boleh diberikan ke anak? 

Mengutip dari laman mom.com, beberapa makanan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan anak, atau lebih buruk lagi meningkatkan risiko kematian. Saat usia anak masih di bawah 3 tahun, ia belum siap mengonsumsi segala jenis makanan. Di antaranya adalah beberapa makanan berikut ini.

Potongan Keju, Susu Murni dan Hot Dog

Potongan Keju

Potongan keju adalah makanan yang sebaiknya dihindari untuk diberikan ke anak bawah 3 tahun. Potongan keju yang terlalu besar bisa menyebabkan anak tersedak. Tentu hal ini berbahaya buat kesehatan dan keselamatannya. 

Susu Murni

Anak usia di bawah 3 tahun juga tidak disarankan konsumsi susu murni atau susu yang belum dipasteurisasi. Dikhawatirkan susu murni bisa menyebabkan alergi dan masalah kesehatan lain ke anak. 

Hot Dog dan Saus

Hot dog dan saus adalah makanan yang cukup berbahaya untuk anak di bawah 3 tahun. Makanan ini berpotensi menyebabkan tersedak pada anak.

Ikan, Telur dan Daging Mentah

Ikan Mentah

Ikan merupakan sumber nutrisi terbaik untuk tubuh terutama anak-anak. Namun ingat, jangan pernah memberikan ikan mentah ke anak. Ikan mentah mengandung berbagai zat yang berbahaya untuk kesehatan anak. Ikan mentah berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan ke anak. 

Telur Mentah

Telur mentah juga menjadi makanan yang sebaiknya dihindari untuk diberikan ke anak bawah 3 tahun. Telur mentah besar kemungkinan mengandung bakteri salmonella yang berisiko buat kesehatan anak. 

Daging Mentah atau Setengah Matang

Pastikan untuk tidak memberikan daging mentah atau setengah matang ke anak. Para ahli mengungkapkan jika daging mentah mengandung bakteri jahat yang berisiko buruk untuk kesehatan anak. 

Popcorn, Wortel Mentah dan Permen Karet

Popcorn dan Keripik

Popcorn dan keripik adalah makanan yang bisa menyebabkan anak tersedak. Kedua makanan ini juga rendah nutrisi sehingga tidak baik untuk tumbuh kembang anak. 

Wortel Mentah

Wortel mentah adalah makanan yang sebaiknya dihindari untuk diberikan ke anak bawah 3 tahun. Meski wortel mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan, wortel mentah bisa menyebabkan anak tersedak saat mengonsumsinya. 

Permen Karet

Permen karet juga menjadi makanan yang sebaiknya dihindari untuk diberikan ke anak usia bawah 3 tahun. Permen karet bisa menyebabkan tersedak, sembelit dan masalah kesehatan lain yang bisa mengancam jiwa anak.

Marshmallow, Soda dan Buah Cery

Marshmallow

Marshmallow yang kenyal bisa membuat buah hati tersedak, ini juga berisiko menghalangi jalan napas si kecil. Sebaiknya hindari memberikan makanan ini ke buah hati yang berusia di bawah 3 tahun apalagi tanda pantauan orang tua. 

Soda

Makanan dan minuman bersoda sebaiknya juga tidak diberikan ke anak usia bawah 3 tahun. Soda tidak memiliki nilai gizi. Sebaliknya, soda bisa menambah kalori dalam tubuh anak dan meningkatkan berbagai risiko kesehatan termasuk obesitas. 

Buah Ceri, Anggur dan Tomat Kecil

Buah-buahan seperti buah cery, anggur, leci, tomat kecil dan rambutan sebaiknya juga tidak diberikan ke anak usia bawah 3 tahun. Aneka buah ini bisa meningkatkan risiko buah hati tersedak. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan ke anak usia bawah 3 tahun karena berbahaya untuk kesehatannya. Semoga informasi ini bermanfaat, dan semoga sebagai orang tua kita semakin bijak dalam memberikan asupan nutrisi serta gizi ke buah hati lewat makanan sehat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading