Sukses

Parenting

Pemberian Reward yang Konsisten Bisa Bantu Pembentukan Perilaku Baik pada Anak

Fimela.com, Jakarta Pembentukan perilaku anak sangat bergantung pada perhatian dan dukungan orangtua. Salah satunya reward yang menjadi bentuk apresiasi atas pencapaian yang sudah diraih.

Reward atau apresiasi menjadi sarana untuk membentuk perilaku anak ke arah yang lebih baik dan membangun kebiasaan baik. Mulai dari merapikan tempat tidur, menyikat gigi sebelum tidur, mengerjakan tugas sekolah, hingga membantu orangtua membersihkan rumah.

Reward sendiri memiliki dua macam bentuk, yakni material rewards dan social rewards. Material rewards bisa dalam bentuk makanan favorit, mainan, atau benda lain yang disukai anak-anak. Sementara social rewards bisa diberikan dalam bentuk afeksi, pujian, dan aktivitas.

Ada kalanya reward bisa diberi bobot lebih untuk membentuk perilaku yang lebih baik muncul pada anak. Ini bisa dilakukan dengan adanya kesepakatan. Misalnya, ibu dan anak sepakat agar anak mendapatkan reward berupa cokelat kesukaannya jika ia ingat untuk mengerjakan PR tanpa diingatkan.

 

Reward lewat makanan

Salah satu camilan yang bisa dijadikan reward adalah Kinder Joy. Sebagai camilan cokelat, Kinder Joy memiliki tekstur lembut, dan renyah dengan rasa krim susu yang menjadi favorit anak-anak. Dilengkapi dengan berbagai mainan kejutan yang menyenangkan.

Dengan merakit mainan ini, orang tua dan anak dapat menghabiskan waktu bersama dan memperkuat bonding di antara mereka. Tak hanya itu, memindai setiap mainan akan membuka berbagai permainan dan aktivitas untuk anak-anak di aplikasi Applaydu yang bisa diunduh secara gratis.

Di bulan Oktober ini, Kinder Joy menghadirkan beragam mainan bertema The World of Magic Castle and Ice World. Melalui edisi ini, Kinder Joy bertujuan untuk memicu kreativitas dan imajinasi melalui aktivitas merakit dan bermain dengan karakter yang berbeda-beda dari dunia Ice World and Magic Castle.

Semua mainan memiliki fungsionalitas digital tambahan yang dapat diakses melalui aplikasi Applaydu, yang merupakan sebuah aplikasi di mana para pengguna dapat menikmati berbagai permainan dan cerita interaktif.

 

Manfaat reward

Menurut psikolog anak dan remaja, Vera Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, reward akan memberikan tiga manfaat. Apa saja?

1. Meningkatkan self-esteem anak

Dengan mendapatkan reward pastinya anak akan merasa dirinya telah berhasil mencapai sesuatu sehingga menimbulkan pandangan positif pada dirinya.

2. Bonding antara orangtua dan anak

Mempererat hubungan antara orangtua dan anak, dengan memberikan perhatian lebih banyak pada perilaku baik daripada perilaku buruk maka akan membawa orangtua dan anak ke arah hubungan yang lebih positif.

3. Bantu menguasai keterampilan

Dengan reward dapat memberikan manfaat untuk mendorong anak dalam belajar menguasai keterampilan ataupun kemampuan yang diharapkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading