Sukses

Parenting

5 Cara Meningkatkan Sistem Imun Anak Agar Tidak Gampang Sakit

Fimela.com, Jakarta Memiliki buah hati yang sehat, ceria dan cerdas menjadi kebahagiaan tersendiri buat setiap orang tua. Apalagi di perubahan musim seperti sekarang ini. Cuaca yang kurang mendukung rentan menurunkan daya tahan tubuh anak. Terlebih, akhir-akhir ini ramai tentang kasus gagal ginjal akut pada anak, yang bisa berujung ke kematian. 

Mengutip dari laman healthline.com, untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun anak sebenarnya bukan perkara yang sulit dilakukan. Mom bisa melakukannya dengan baik di rumah. Saat sistem anak meningkat, ia pun akan lebih sehat, bugar dan tidak gampang sakit. 

Berikut beberapa cara mudah yang bisa Mom lakukan untuk meningkatkan sistem imun anak.

Cukupi Kebutuhan Nutrisinya

Pastikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Berikan makanan seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin, zat besi dan berbagai nutrisi lain. Sebaiknya beri anak lebih banyak sayur dan buah serta ikan atau daging yang dimasak hingga benar-benar matang.

Istirahat Cukup

Usahakan agar buah hati memiliki istirahat cukup di siang maupun malam hari. Jangan biarkan anak beraktivitas terlalu padat sehingga tubuhnya rentan lelah, lemah dan lesu. Tubuh yang terlalu lelah akan mengalami penurunan daya tahan tubuh yang lebih buruk. Jika sudah begini, bakteri dan virus rentan menyerang sehingga anak gampang sakit.

Hindarkan dari Polusi

Hindarkan anak dari berbagai polusi termasuk asap kendaraan, asap rokok atau lingkungan yang tercemar. Semakin sering anak terkena polusi, akan semakin mudah daya tahan tubuhnya menurun. Polusi juga meningkatkan berbagai masalah kesehatan untuk anak.

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Pastikan agar kebersihan diri dan lingkungan anak terjaga. Tubuh, peralatan makan, makanan, tempat tidur dan lingkungan rumah yang bersih akan membuat tubuh lebih sehat. Usahakan juga agar di rumah memiliki ventilasi udara yang baik. Sesekali ajak anak berjemur, mencari udara segar di pagi hari dan olahraga agar tubuhnya makin segar serta bugar. 

Beri ASI Eksklusif (Bayi)

Jika buah hati masih berusia di bawah 6 bulan, pastikan untuk lebih sering menyusuinya dan beri ASI eksklusif. Ini akan membentuk sistem imun anak yang lebih baik seiring bertambahnya usianya. Pastikan juga untuk mencukupi kebutuhan cairan anak setiap harinya.

Yuk Mom, sama-sama menjaga dan meningkatkan sistem imun anak di rumah. Meningkatkan daya tahan tubuhnya agar tak gampang sakit, akan lebih baik jika dibanding menemukan anak terlanjur sakit. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading