Sukses

Parenting

3 Cara Jaga Kesehatan Ginjal Anak yang Penting Diketahui Orang Tua

Fimela.com, Jakarta Masalah gagal ginjal akut pada anak yang akhir-akhir ramai di masyarakat, membuat setiap orang tua merasa cemas dan khawatir. Bagaimana tidak, selain berpengaruh pada kesehatan anak, kasus gagal ginjal akut yang parah bisa mengancam nyawa anak. 

Untuk terhindar dari risiko gagal ginjal akut, orang tua disarankan untuk lebih memperhatikan kesehatan ginjal anak. Ada beberapa hal yang penting orang tua lakukan demi membuat kesehatan ginjal anak tetap terjaga dan sehat. Mengutip dari laman liputan6.com, dokter spesialis anak dan konsultan Gusti Ayu Putu Nilawati, memberikan informasi terkait cara menjaga kesehatan ginjal anak. 

Berikut beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan ginjal anak.

Perhatikan Asupan Nutrisi Anak

Pastikan untuk memperhatikan asupan nutrisi anak. Pastikan anak mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Beri anak makanan yang tak hanya enak tetapi juga memiliki nutrisi serta gizi mencukupi. Selain kaya nutrisi, makanan sehat juga berupa makanan yang bersih.

Pastikan Anak Minum Cukup Setiap Harinya

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan ginjal anak adalah pastikan anak minum cukup setiap harinya. Berikan minuman sehat seperti susu atau air putih ke anak. "Pada anak dengan dengan berat 10 kg kira-kira butuh 1000 cc dalam 24 jam, kalau sudah 12 kg itu butuh 1.100 cc. Nah untuk anak yang lebih bsar sekitar 1,5 liter," kata dokter Nilawati yang sehari-hari praktik di RSUP Ngoerah, Denpasar, Bali.

Cek Warna Urine dan Frekuensi Kencing Anak dengan Baik

Usahakan untuk cek warna urine dan frekuensi kencing anak dengan baik setiap hari. Anak umumnya buang air kecil setiap 4 - 6 jam sekali setiap harinya dengan warna urine yang lebih jernih. Ketika anak tidak kencing setelah lebih dari 6 jam, pastikan untuk memberikan asupan cairan cukup ke anak. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal anak. Selain cara di atas, pastikan juga agar anak memiliki waktu istirahat cukup setiap harinya. Hindari memberikan makanan atau minuman kemasan yang mengandung berbagai bahan berbahaya termasuk pemanis buatan, pewarna, pengawet dan sejenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading