Sukses

Parenting

Hindari! Ini Bahaya Menyusui Bayi Sambil Bermain Gawai

Fimela.com, Jakarta Melahirkan dan menyusui menjadi momen yang begitu mengesankan buat setiap perempuan. Meski begitu, tidak jarang aktivitas menyusui membuat Mom rentan mengantuk. Dan untuk mengatasi hal tersebut, tidak sedikit Mom yang memilih terjaga dengan bermain gawai sambil menyusui. Padahal nih ya, menyusui sambal bermain gawai memiliki dampak yang begitu buruk buat tumbuh kembang buah hati ke depannya.

Risiko Menyusui Sambil Bermain Gawai

Mengutip dari laman theasianparents.com, menyusui sambil bermain gawai rentan membuat kedekatan emosional bayi dengan Mom kurang terbentuk. Dokter Kateyune Kaeni, seorang spesialis kesehatan mental ibu dari Pomona Valley Medical Center di California mengatakan jika kedekatan ibu dan bayi kurang bisa terbentuk dengan baik saat ibu memilih bermain gawai sata menyusui. Padahal, kontak mata terhadap bayi sangat penting untuk membentuk kedekatan tersebut. 

Menyusui sambil bermain gawai juga memungkinkan Mom lalai dalam menyusui dengan benar. Jika hal ini terjadi, keselamatan bayi bisa terancam. Apalagi jika posisi bayi tidak benar saat menyusui. Para ahli juga mengungkapkan jika radiasi dari gawai sangat berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang bayi ke depannya. Radiasi dari gawai bisa menurunkan optimalitas tumbuh kembang bayi.

Tips Menghindari Bermain Gawai saat Menyusui

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari bermain gawai saat menyusui. Adapun tips tersebut adalah ajak suami untuk terlibat dalam proses menyusui misal dengan ngobrol bersamanya saat menyusui. Cobalah untuk ngobrol dan ajak buah hati berbicara tentang banyak hal. Buat suasana senyaman dan sesenang mungkin. Tak apa jika Mom juga menyusui sambil mendengarkan musik. 

Mengingat menyusui sambal bermain gawai tidak baik untuk Mom maupun buah hati, sebisa mungkin hindari untuk bermain gawai sambil menyusui ya Mom. Kalau pun ingin mengecek gawai, pastikan untuk menyusui sampai selesai kemudian cek gawai dan cobalah untuk berada agak jauh dari buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita bisa menjadi ibu yang lebih bijak untuk anak-anak kita.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading