Sukses

Parenting

5 Cara Menyikapi Anak yang Menggelayuti dan Tak Mau Ditinggal

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa bingung hingga serba salah menyikapi anak yang terlalu lekat? Pernah merasa kewalahan menyikapi anak yang tak mau ditinggal? Situasi seperti ini memang bisa membuat orangtua bingung menyikapinya.

Menyikapi kelekatan anak yang terlalu berlebihan memang tak selalu mudah. Mengutip buku Montessori Toddler, ada banyak alasan yang membaut anak terlalu lekat. Mulai dari temperamen anak, perjalanan, perubahan rutinitas, sakit, perubahan dalam situasi kerja, belum ada kemampuan melakukan sesuatu secara mandiri, hingga faktor orangtua yang terlalu sibuk pada hal ini. Untuk menyikapi anak yang tak mau berpisah atau tak mau ditinggal, ada sejumlah cara yang bisa dicoba.

1. Membiarkan Anak Memimpin Permainan

Kita bisa melatih anak untuk memimpin permainan. Diawali dengan melibatkan diri kita untuk ikut bermain dengan anak. Setelah itu, kita bisa mengambil jarak dan membiarkan anak bermain sendiri. Kita bisa duduk sedikit lebih jauh dari anak untuk membuat anak bisa menikmati waktunya bermain secara mandiri.

2. Memberi Perhatian Penuh, Lalu Tinggalkan Sejenak

Kita bisa membuat anak terbiasa melihat kita datang dan pergi. Pembiasaan ini bisa membuat anak tidak gampang rewel saat harus ditinggal. Bisa dimulai dengan ketika di rumah, kita bisa meluangkan waktu untuk bermain dengannya sambil memberikan perhatian penuh. Lalu, tinggalkan sejenak dan beri tahu anak bahwa kita perlu meninggalkannya untuk menjerang air atau menaruh cucian. Hal semacam ini bisa menghadirkan rasa aman tersendiri bagi anak.

 

 

 

3. Mengisi Ember Emosional Anak

Memulai hari dengan memberi anak kita pelukan yang lama dan membaca buku bisa mengisi tangki emosional mereka sebelum harinya dipenuhi kesibukan. Saat anak mulai rewel, alih-alih mengambil jarak, kita bisa menawari mereka pelukan untk membantu mereka bisa tenang kembali. Sehingga saat harus berpisah atau meninggalkannya, anak bisa tetap tenang karena ember emosional mereka sudah terpenuhi.

4. Memberi Rasa Aman pada Anak untuk Mengeksplorasi

Saat anak masih tak mau bermain lebih bebas mengeksplorasi hal-hal baru di tempat baru, kita bisa temani mereka sejenak untuk menghadirkan rasa aman. Anak bisa membebaskan diri mereka untuk bermain dan mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya dengan cara lebih mandiri saat tahu kita bisa menghadirkan rasa aman untuknya. Kemandiriannya pun bisa terbentuk makin kuat lagi.

5. Buat Anak Merasa Dipahami

Cobalah melihat segala hal dari perspektif anak kita dan akui perasaan mereka. Misalnya, anak rewel saat kita akan meninggalkannya untuk pergi bekerja, kita bisa bertanya padanya, "Apa kamu takut karena Ibu akan pergi lama?" Cara ini mungkin tak langsung menyelesaikan masalah, tapi bisa membuat anak merasa dipahami. Saat anak merasa dipahami, perasaannya bisa lebih tenang dan bisa lebih mudah diarahkan untuk mengatasi rasa takut dan cemas yang dirasakannya.

Lima cara di atas bisa menjadi strategi awal yang dicoba untuk bantu meredakan atau mengatasi kelekatan yang berlebih pada anak. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading