Sukses

Parenting

Panduan Cegah Stunting pada Anak dengan yang Bisa Diakses Lewat Aplikasi

Fimela.com, Jakarta Angka stunting di Indonesia masih tergolong tinggi hingga saat ini. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), angka stunting di Indonesia tahun 2021 mencapai 24,4%.

Angka tersebut masih tergolong tinggi karena prevalensi angka stunting seharusnya kurang dari 20% mengacu pada data World Health Organization (WHO). Salah satu alasan angka stunting yang masih cukup tinggi di Indonesia adalah karena kurangnya edukasi parenting yang dimiliki orangtua.

Tidak sedikit orangtua yang memberikan makanan kepada anak tanpa memperhatikan kecukupan gizi yang harus dipenuhi di masa tumbuh kembang anak. Hal ini tentu berdampak pada tumbuh kembang anak yang terhambat.

Sebagai orangtua baru terkadang membutuhkan support system yang tepat, terutama di masa tumbuh kembang anak. PrimaKu hadir sebagai eksosistem digital di bidang tumbuh kembang anak yang memiliki misi untuk menjadi support system utama orang tua.

Melalui layanan digital ini, orangtua dapat memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak yang prima di Indonesia terutama di 1000 hari pertama kehidupan anak dengan cara meningkatkan layanan kesehatan anak secara holistik, mengembangkan berbagai macam fitur aplikasi serta kegiatan edukasi yang konsisten.

 

Kelas parenting online

Dampak yang nyata pun telah terlihat, berdasarkan PrimaKu Digital Child Health Report 2022, 97% anak PrimaKu memiliki metrik pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik dan terhindar dari stunting.

Oleh karena itu, tahun ini, PrimaKu sebagai partner resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), berkomitmen untuk terus berperan aktif menekan angka stunting di Indonesia dengan menyelenggarakan aktivasi tahunan pertama, yakni Parenthood Institute by PrimaKu.

Melalui Parenthood Institute by PrimaKu, kami ingin mengintegrasikan semuanya dalam bentuk kelas parenting online yang menyenangkan serta ‘diasuh’ oleh berbagai dokter dan ahli di bidang kesehatan dan tumbuh kembang anak," kata CEO PrimaKu, Muhammad Indraputra, CFA.

Parenthood Institute by PrimaKu ditujukan untuk para orang tua serta calon orang tua yang berdomisili dan berkewarganegaraan Indonesia. Ada empat kelas parenting yang dikategorikan berdasarkan usia anak, yakni 0-6 Bulan, 7-12 Bulan, 1-3 Tahun, dan 3-5 Tahun. Pada setiap kelas yang dibuka pada 21 November 2022, para peserta akan mendapatkan materi pelajaran dalam tiga format, yaitu artikel, KULTUM (video pendek), dan webinar, dengan mengangkat tiga pilar di dalamnya, yaitu kesehatan, wellness, dan ekonomi.

 

Stunting

Melalui program ini, para orang tua diharapkan lebih aktif berperan memonitor tumbuh kembang anak sekaligus untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya melalui berbagai macam kelas dan aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan peringkat orang tua terbaik dan teraktif. Poin bisa didapatkan jika peserta menyelesaikan kelas dengan cara ikut serta dalam materi pelajaran, menyelesaikan kuis dan misi harian, serta berbagai tugas lainnya. Lima peserta dengan poin tertinggi akan ditampilkan di papan skor PrimaParents Hall of Fame untuk memenangkan total hadiah berupa uang tunai senilai Rp50 juta untuk lima pemenang serta ratusan hampers produk anak.

Sebagai puncak acara, PrimaKu akan menggelar online graduation di tanggal 22 Desember 2022 dan mengumumkan kelima nama pemenang yang berhasil menduduki puncak poin tertinggi di papan skor PrimaParents Hall of Fame.

Menurut dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) dibutuhkan usaha yang konsisten dalam menekan angka stunting di Indonesia. Lewat Parenthood Institute by PrimaKu, orangtua bisa berkonsultasi dengan dokter dan ahli terkait secara langsung dan intens. Pendaftaran Parenthood Institute by PrimaKu dimulai pada tanggal 11 November 2022.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading