Sukses

Parenting

5 Cara Melepas Ketergantungan Botol Dot pada Anak

Fimela.com, Jakarta Saat anak masih kecil, penggunaan botol dot bisa memudahkan mereka untuk minum susu dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Selain itu, anak bisa mendapatkan kenyamanan tersendiri dari penggunaan botol dot. Hanya saja saat anak bertambah usia, ketergantungan penggunaan botol dot perlu dikurangi.

Untuk melepas ketergantungan botol dot pada anak, awalnya mungkin akan terasa sulit. Anak bisa rewel dan menangis ketika permintaannya menggunakan dot tidak terpenuhi. Berikut ini lima strategi sederhana yang bisa dicoba untuk membantu anak lepas dari dot.

1. Gunakan Dot Hanya untuk Tidur

Mengutip buku Montessori Toddler, langkah pertama agar anak lepas dari dot adalah menggunakannya hanya untuk tidur. Saat anak bangun dari tidur, dot bisa diletakkan di dalam kotak tepi kasur yang sulit dijangkau anak. Penempatan dot yang sulit dijangkau anak bisa mengurangi kebiasaannya menggunakan dot saat bangun tidur.

2. Sampaikan Perubahan yang Dilakukan

Kita bisa menyampaikan ke anak bahwa ada perubahan yang perlu dilakukan dalam penggunaan dot. Penyampaian ini bisa membantu anak lebih mudah mengerti dan tidak rewel saat kebiasaannya menggunakan dot dikurangi. Komunikasi yang lebih terbuka bisa membuat anak juga bisa merasa lebih dipahami.

 

 

3. Cari Alternatif Lain untuk Tenangkan Diri Anak

Saat anak meminta dot, kita bisa coba mengamati apa mereka merasa perlu mengisap. Cari tahu apakah anak sedang butuh bantuan untuk menenangkan dirinya. Botol dot yang digunakan biasanya dibutuhkan anak untuk membuatnya nyaman. Sebagai penggantinya, kita bisa menawarkan pelukan, memberi mainan favoritnya, atau melakukan sebuah permainan bersama.

4. Berikan Botol Dot pada Anak yang Lebih Kecil

Kita bisa mengajak anak kerjasama seperti memberikan botol dot pada adik balita yang lain. Misalnya, ada saudara atau kenalan yang baru memiliki bayi, kita bisa mengajak anak kita untuk memberikan botol dotnya pada si adik bayi dan sampaikan bahwa adik bayi lebih memerlukannya. Dari sini, anak bisa diberi pemahamanan bahwa dirinya sudah lebih besar dan tak perlu menggunakan botol dot lagi.

5. Memberikan Botol yang Dilengkapi Sedotan

Ganti botol dot dengan botol yang dilengkapi dengan sedotan. Ketika botol dot yang biasanya digunakan sudah tak ada, anak perlu memastikan dirinya akan tetap nyaman dengan kebiasaan baru. Berikan botol dengan warna atau gambar karakter favoritnya sebagai wadah minum yang baru untuk anak agar dirinya bisa tetap nyaman dan bersemangat.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk bantu anak lepas dari ketergantungan botol dot. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

 

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading