Sukses

Parenting

7 Alasan Figur Ayah Sangat Penting untuk Anak Perempuan

Fimela.com, Jakarta Penting kita tahu, ibu dan ayah memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak. Kedua orang tua memiliki peran masing-masing dalam membentuk karakter anak. Penelitian menemukan jika peran ayah sangat penting untuk anak-anaknya terutama anak perempuan. Kasih sayang dan kehadiran ayah dipercaya memiliki pengaruh besar terhadap karakter anak hingga ia beranjak dewasa. 

Peran dan sosok ayah sangatlah penting untuk anak perempuan. Apa saja yang membuat sosok ayah ini sangat penting? Berikut beberapa alasannya.

1. Ayah Pelindung bagi Anak Perempuan

Bagi anak perempuan, sosok ayah adalah pelindung terbaik untuknya. Sebenarnya hal ini tak hanya pada anak perempuan, anak laki pun sangat membutuhkan perlindungan ayahnya. Namun, bagi anak perempuan, sebagai laki-laki pertama di hidupnya, ayah menjadi figur yang sangat melekat pada hidupnya. 

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Disadari atau tidak, sosok ayah bisa meningkatkan rasa percaya diri anak. Anak perempuan bisa menjadi pribadi yang percaya diri, mandiri dan pemberani ketika ia diasuh dengan baik oleh kedua orangtua tak terkecuali ayah. Peran ayah dalam pengasuhan anak sehari-hari berperan penting dalam pembentukan karakter dan rasa percaya diri anak. Bgai anak, ayah adalah orang yang akan melindungi, membuatnya lebih bersemangat dan bangga. 

3. Cinta dan Kasih Sayang Terbaik dari Ayah

Bagi anak perempuan, cinta dan kasih sayang terbaik adalah dari ayah. Ini bahkan berlaku untuknya saat ia dewasa dan memutuskan untuk menikah. Bagi anak perempuan, sosok ayah adalah sosok yang tak bisa tergantikan dalam hidupnya. Ayah menjadi cinta pertama bagi anak perempuannya. 

4. Ayah adalah Pahlawan untuk Anak Perempuan

Pernahkah kamu berpikir bahwa ayah adalah pahlawa untukmu Sahabat Fimela? Jika iya, tidak jamu saja yang berpikir seperti ini. Hampir semua anak perempuan berpikir bahwa ayahnya adalah pahlawan untuknya. Ayah yang menyayangi, mencintai dan bekerja keras untuk keluarga, menyadarkan anak bahwa ayah adalah terbaik dan pahlawan baginya juga keluarga. Ada beberapa perlindungan dan pembelaan yang bisa dilakukan ayah untuk anak, di mana hal itu belum tentu bisa dilakukan oleh ibu.

5. Sahabat dan Teman yang Asik

Tidak sedikit anak yang menganggap bahwa ayah adalah teman sekaligus sahabat yang asik. Ini berbeda dengan ibu yang dinilai lebih protektif, mudah cemas dan khawatir. Bagi anak, sosok ayah yang santai dan menyenangkan tapi peduli bisa menjadi teman serta sehabat terbaiknya. Ayah adalah sosok yang sangat menyenangkan dengan kasih sayang tak ternilai bagi anak perempuan. 

6. Ayah Sumber Inspirasi

Ayah juga menjadi sumber inspirasi bagi anak perempuan. Biasanya, hal ini bisa dilihat saat si anak perempuan mencari pendamping hidup. Anak dengan ayah yang bijaksana, penuh cinta . dan kasih sayang, akan lebih nyaman dengan sosok teman hidup bikin nyaman pula. Figur ayah memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan anak perempuan. Terutama saat ia mencari teman hidup dan sosok ayah untuk anak-anaknya kelak.

7. Kemampuan Sosialisasi Anak Dipengaruhi Ayah

Sosok ayah berperan penting dalam membentuk karakter anak. Inilah yang kemudian berpengaruh pada kemampuan sosial anak di kehidupan masyarakat. Anak perempuan yang percaya diri, lebih mungkin bersosialisasi dengan lebih baik. Anak perempuan yang senantiasa didampingi dan diasuh dengan baik oleh ayah, berpotensi memiliki kemampuan sosial yang lebih baik pula. 

Itulah sekian alasan kenapa peran ayah sangat penting bagi anak perempuannya. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Mom, ajak suami untuk lebih perhatian, peduli dan dekat dengan buah hati untuk mendukung tumbuh kembangnya yang lebih baik.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading