Sukses

Parenting

5 Manfaat Rutin Makan Bersama Keluarga, Anak Makin Cerdas dan Bahagia

Fimela.com, Jakarta Karena kesibukan atau pekerjaan yang padat, Mom dan ayah sering melewatkan waktu makan bersama keluarga tercinta di rumah. Padahal nih Mom, rutin makan bersama keluarga memberikan banyak manfaat. 

Anak-anak yang rutin makan bersama keluarga akan merasa dilimpahi kasih sayang, nyaman dan tenang. Penelitian menemukan jika anak yang rutin makan bersama keluarganya, besar kemungkinan akan memiliki perasaan yang lebih bahagia. Anak-anak ini juga berpotensi lebih cerdas. 

Mengutip dari laman prevention.com, berikut beberapa manfaat rutin makan  bersama keluarga terutama untuk anak.

Anak Makan Makanan yang Lebih Sehat

Makan bersama keluarga memungkinkan anak-anak makan makanan yang lebih sehat. Makan bersama keluarga akan membuat anak lebih lahap makan makanan rumah yang terjamin kesehatan, kebersihan dan kelezatannya. Anak sangat mungkin mendapat asupan gizi seimbang ketika rutin makan bersama keluarga.

Meningkatkan Komunikasi Antar Anggota Keluarga

Makan bersama keluarga bisa membentuk komunikasi yang lebih lancar antar anggota keluarga. Sesama anggota keluarga bisa saling bertukar cerita sambil makan. Antar anggota keluarga terutama anak-anak juga bisa mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya. Makan bersama memberi kesempatan untuk orang tua mengajarkan etika saat makan, etika saling berbincang dan etika bersosialisi lainnya ke anak.

Meningkatkan Prestasi Akademik Anak

Siapa sangka makan bersama keluarga juga bisa meningkatkan prestasi akademik anak. Dalam artian, anak bisa lebih cerdas dari sebelumnya. Studi yang dilakukan para ahli di University of Illinois, menemukan anak-anak berusia 7–11 tahun menunjukkan bahwa mereka yang memiliki waktu makan berkualitas dengan keluarga memiliki kualitas akademik yang lebih baik. Dari 120 anak yang diteliti, sebagian besar dari mereka yang rutin makan bersama orang tua atau keluarga diketahui lebih bahagia.

Menjaga Kesehatan Mental

Studi menemukan jika makan bersama keluarga memungkinkan seseorang menjaga kesehatan mentalnya jadi lebih baik. Makan bersama keluarga memungkinkan seseorang memiliki pola makan yang lebih sehat, porsi makan yang lebih terkendali dan perasaan yang lebih bahagia. Inilah yang kemudian membuatnya lebih sehat secara fisik pun psikis.

Mencegah Masalah Kesehatan

Makan bersama keluarga berisiko kecil terhadap masalah kesehatan. Ini mengingat makan keluarga umumnya makanan rumahan yang lebih sehat, memiliki gizi seimbang dan terjamin kebersihannya. Makan bersama keluarga mencegah anak untuk makan sembarang makanan dari luar yang bisa membuat kesehatannya menurun. 

Itulah beberapa manfaat dari makan bersama keluarga. Sesibuk apapun aktivitasmu, usahakan untuk tetap menyempatkan waktu makan bersama keluarga. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, ini juga bermanfaat besar terhadap kesehatan psikis. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading