Sukses

Parenting

5 Cara Sederhana Menunjukan Cinta pada Anak

Fimela.com, Jakarta Hadiah paling dasar yang dapat orang tua berikan pada anak adalah penerimaan, stabilitas, dan yang terpenting cinta. Tiap orang tua tentu menyayangi dan mencintai anaknya, namun tidak semua dapat mengungkapkan dengan kata-kata. Rasa cinta terkadang akan menjadi rumit saat diungkapkan dan lebih bermakna bila ditunjukan melalui perilaku. Psikoterapis mengatakan penting bagi anak untuk merasakan cinta dari orang tuanya. Ketika anak merasa aman dan dicintai, mereka akan merasa bebas untuk fokus pada hal lain seperti mempelajari hal baru dan mengembangkan kreativitas.

Ada cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengungkapkan rasa cinta pada anak. Melansir dari Parents, berikut rangkumannya.

1. Menjadi Pendengar yang Baik untuk Anak

Anak butuh tahu bahwa mereka penting dan berharga bagi orang tuanya. Untuk menghargai anak, pastikan mom mendengarkan mereka saat berbicara. Pesan yang anak sampaikan mungkin terkadang hanya penuh candaan, namun itu adalah cara mereka menyampaikan pikirannya. Letakkan barang elektronik dan dengarkan dengan tulus saat anak berbicara. Tunjukan pada anak bahwa gagasan dan ide mereka penting bagi mom.

2. Bermain Bersama

Tidak perlu kegiatan yang menyulitkan, bermain bersama dengan peralatan seadanya dengan anak pun bisa menjadi cara menunjukan rasa cinta. Bersenang-senanglah dengan anak dan habiskan waktu bersama mereka lebih banyak. Bermain dan masuk ke dunia anak adalah cara terbaik untuk menjalin ikatan dengan mereka. 

3. Beri Sentuhan Fisik atau Lakukan Gerakan Kecil

Mengatakan cinta pada anak adalah hal penting namun jangan sepelekan sentuhan fisik seperti memeluk dan mencium. Sentuhan fisik akan memperkuat ikatan cinta mom dengan anak. Anak yang sudah menginjak usia remaja mungkin tidak akan memintanya secara jujur untuk dipeluk, namun mereka masih membutuhkan jaminan fisik sama seperti orang dewasa. Bila mom bukan tipe orang yang mesra, gantikan sentuhan fisik dengan gerakan kecil seperti memberi tos atau mengatakan hal baik tentang anak di depan orang lain. Anak akan merasa dicintai saat orang tua melakukan hal ekstra untuknya.

4. Hal Berbentuk Materi Tidak Sama dengan Cinta

Daripada memberi hadiah berupa uang, barang, atau fasilitas kehadiran orang tua lebih berarti untuk anak. Momen yang dilakukan bersama dengan anak akan menjadi ingatan berharga bagi mereka yang akan selalu dikenang. Anak mungkin akan terkesan dengan hadiah mahal yang diberikan orang tua, namun kenangan indahnya tidak akan bertahan lama atau bahkan tidak membekas sama sekali. Berbeda dengan waktu yang mom habiskan bersama mereka, sekedar makan bersama atau pergi ke taman bermain akan menjadi ingatan indah bagi mereka kelak.

5. Dukung Anak Bahkan Saat Mereka Berada di Titik Terendah

Anak perlu mengetahui mereka tetap dicintai walaupun mereka melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan. Jadilah pendukung mereka dan katakan bahwa mom bangga pada mereka karena berani mengambil tanggung jawab yang berisiko. Dukungan saat mereka sedang kesulitan atau berbuat kesalahan akan membuat mereka mengerti bahwa tidak ada orang yang sempurna dan kegagalan adalah sebuah pelajaran. Pada saat yang sama, mom juga akan membangun kepercayaan diri anak dan membantu mereka menemukan cara untuk memperbaiki kesalahan. 

Merasa dicintai akan membuat anak merasa aman dan berharga. Tunjukan cintamu pada anak karena anak yang merasakan kasih sayang orang tua lebih mungkin mampu menghadapi tantangan dikehidupan nyata.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading