Sukses

Parenting

5 Tanda Bayi Lapar Berat, Penting Bagi Orang Tua untuk Mengenalinya

Fimela.com, Jakarta Ada banyak alasan kenapa bayi rewel dan menangis. Selain karena tidak nyaman dengan popoknya yang penuh serta kotor, bayi yang rewel umumnya juga karena ia merasa sangat lapar. Bayi akan merasa lapar bahkan sejak usianya sedini mungkin atau sesaat setelah lahir ke dunia. 

Bagi orang tua yang telah memiliki anak lebih dari satu, mungkin akan mengenali dengan mudah tanda-tanda bayi lapar. Tapi, bagaimana dengan orang tua baru? Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa tanda bayi lapar yang penting diketahui dan dikenali orang tua. Tanda ini akan membantu orang tua lebih bijak dalam merawat bayi. Ini juga membuat orang tua tak cemas apalagi panik saat mendapati bayi rewel. 

Tanda Bayi Lapar

Berikut beberapa tanda bayi sedang lapar yang umum terjadi. Tanda ini bisa dikenali dengan mudah oleh setiap orang tua. Apa saja tandanya? Yuk, simak yang berikut ini. 

  1. Menggerakkan bibir. Bayi yang lapar akan menujukkan rasa laparnya dengan menggerakkan bibir, membuka mulut bahkan mencoba untuk menghisap. Untuk bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan, ia akan menunjukkan rasa laparnya dengan menghisap jari tangan atau memainkan mulut dan bibirnya. 
  2. Bayi yang menggerakkan kepala ke kiri atau kanan juga menunjukkan bahwa bayi sedang lapar. Ini adalah reflex bayi dalam mencari puting Mom. Biasanya, tanda ini ditunjukkan oleh bayi yang berusia di bawah 3 bulan. 
  3. Sat bayi terlihat gelisah dan tidak nyaman, ini juga menunjukkan bahwa ia sedang lapar. Beberapa bahkan akan menangis dan rewel karena ia merasa sudah sangat lapar. 
  4. Pada bayi di usia bawah 6 bulan, akan menunjukkan rasa laparnya dengan terus menggerakan tangan serta kakinya. Ini dilakukan sebagai signal bahwa ia sedang lapar dan ingin menyusu. 
  5. Karena menggerakkan tubuhnya secara terus menerus, mulai gelisah dan sudah lapar berat, beberapa bayi akan tampak lebih memerah. Jika mendapati bayi rewel dan tubuhnya memerah sementara sudah cukup lama tak menyusu, jangan tunda lagi untuk menyusuinya ya Mom.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang lebih bijak dalam merawat pun mendidik anak-anak di rumah. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading