Sukses

Parenting

5 Tips Menyusui Saat Ibu atau Bayi Sedang Sakit

Fimela.com, Jakarta ASI memiliki kandungan anti bakteri dan anti virus. Bayi yang rajin mengonsumsi ASI cenderung lebih jarang sakit daripada bayi yang mengonsumsi susu formula. Begitu pun saat bayi sakit, menyusui bahkan akan membuat bayi pulih lebih cepat.

Menyusui saat bayi sedang sakit mungkin akan membuat mom lebih rajin dan berhati-hati. Namun, pada kondisi sebaliknya di mana mom sedang sakit menyusui bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan. Beberapa hal perlu diperhatikan saat menyusui dikala tubuh tidak fit. Melansir dari Verrywell Family, berikut tips menyusui saat mom atau bayi sedang sakit.

1. Hindari Obat Bebas

Obat yang dijual bebas pada berbagai pusat perbelanjaan adalah obat yang menjadi andalan banyak orang. Selain mudah dicari, harganya pun dianggap lebih terjangkau daripada harus menerima obat resep dokter. Namun bila mom sakit saat masa menyusui, lebih baik untuk menghindari obat yang dijual bebas. Beberapa obat yang dijual bebas dapat masuk ke bayi melalui ASI dan mengurangi suplai ASI mom. Konsultasikan pada dokter untuk penanganan yang lebih tepat dan optimal.

2. Menyusui dalam Posisi Tegak Saat Bayi Flu

Saat bayi terserang flu, hidungnya akan tersumbat dan sulit bernapas. Hal ini akan menyulitkan bayi saat menyusui karena ia akan mencoba menyusu sambil bernapas. Bayi yang flu cenderung rewel karena rasa tidak nyaman di hidung. Untuk itu, posisikan bayi dalam posisi tegap agar ia lebih mudah untuk bernapas tanpa terganggu hidung yang tersumbat. Mom juga bisa meletakkan bak air hangat didekat bayi untuk membantu melonggarkan sekresi dan saluran hidung.

3. Minum Banyak Air agar Suplai ASI Tercukupi

Saat sakit, imun tubuh mom akan menurun yang mungkin memengaruhi suplai ASI. Beberapa obat yang dikonsumsi pun juga berpengaruh pada turunnya suplai ASI. Untuk mengatasi hal ini, banyaklah mengonsumsi cairan. Minum banyak air putih, sayur, dan buah yang mengandung banyak cairan agar hidrasi tubuh tetap terjaga dan ASI cukup.

4. Sering Menyusui

Saat bayi sakit, ia akan kehilangan nafsu makan dan tubuh menjadi lemah. Hal ini akan berpengaruh pada pola menyusui bayi. Bayi cenderung akan minum dalam waktu sebentar walau ia masih merasa lapar. Mom bisa mengatasi hal ini dengan menyusui sesering mungkin. Walau sebentar, bila diulang berkali-kali bayi tetap mendapat konsumsi ASI yang cukup.

5. Jaga Kebersihan

Saat sakit akan banyak kuman dan bakteri yang menyebar di seluruh tubuh, apalagi bila mengalami flu dan batuk. Penting untuk mom membersihkan tubuh dan mencuci tangan sebelum dan sesudah menyusui. Hal ini akan membantu menghentikan penyebaran kuman dan bakteri dari mom ke bayi.

Saat mom dan bayi sakit, banyaklah beristirahat dan konsumsi makanan sehat. Penuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh agar bayi maupun mom cepat pulih.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading