Sukses

Parenting

5 Cara agar Anak Cerdas Melalui Kebiasaan Sederhana

Fimela.com, Jakarta Masa kecil adalah fase penting dalam perkembangan kecerdasan anak. Sebagai orangtua, kita perlu berperan aktif untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak sejak dini. Peran dan keterlibatan orangtua juga punya pengaruh penting dalam proses anak membangun kecerdasannya,

Beberapa kebiasaan sederhana bisa kita terapkan dalam keseharian anak agar mereka bisa tumbuh jadi pribadi yang lebih cerdas. Seperti kebiasaan-kebiasaan sederhana ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Berinteraksi Langsung dengan Anak untuk Membuatnya Merasa Dicintai

Berdasarkan sebuah riset oleh Ronald Ferguson, peneliti dari Achievement Gap Initiative, Harvard University ditemukan bahwa anak yang jarang berinteraksi dengan orangtua bisa terhambat perkembangan otaknya. Interaksi yang dimaksud adalah yang menghadirkan perasaan dicintai. Seperti memberi pelukan, ikut bermain, mengajak bicara, dan menatap mata. Membiasakan interaksi yang membuat anak bisa merasa dicintai bisa menjadi salah satu cara untuk membuatnya cerdas.

 

 

2. Membaca Buku Bersama Anak

Meski si kecil mungkin belum bisa membaca, tetapi membacakan buku untuknya bisa membantunya jadi lebih cerdas. Kebiasaan membaca buku bersama bisa membantu anak menguasai lebih banyak kata. Serta, kemampuan berbahasanya meningkat.

 

 

3. Mengajak Anak Menikmati Musik

Bernyanyi atau mendengarkan musik selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Stimulasi musik juga bisa bantu meningkatkan kemampuan otak anak. Menurut sebuah riset oleh E. Glenn Schellenberg, dari University of Toronto, musik dapat meningkatkan daya ingat, kemampuan konsentrasi, motivasi, dan minat anak untuk belajar. Selain itu, anak juga bisa tumbuh jadi pribadi yang bahagia karena musik bisa menghadirkan rasa menyenangkan.

 

 

4. Memotivasi Anak Melakukan Sesuatu Secara Mandiri

Menyemangati anak untuk berani mencoba hal baru juga bisa bantu meningkatkan kecerdasannya. Kemandirian anak bisa dibangun dan dilatih sejak dini dengan memberinya kesempatan untuk melakukan sesuatu sesuai kemampuannya. Anak pun bisa lebih mudah mengenal rasa takut dan cara mengatasinya dengan lebih baik.

 

 

5. Apresiasi Usaha yang Dilakukan Anak

Sebuah pujian atau apresiasi yang diberikan kepada anak atas usaha atau kerja kerasnya bisa membuat anak juga bisa tumbuh jadi pribadi yang lebih cerdas. Anak bisa termotivasi untuk melakukan hal-hal yang lebih baik saat tahu dirinya dihargai oleh orang terdekatnya. Mengapresiasi usaha anak juga bisa membuatnya makin percaya diri.

Itu tadi lima kebiasaan yang bisa coba diterapkan untuk membuat anak lebih cerdas. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading